Skip to main content

Cara Mudah Mencari Modal Usaha dalam Membuka Bisnis

Cara Mudah Mencari Modal Usaha dalam Membuka BisnisModal usaha adalah biaya atau dana untuk memulai sebuah usaha dalam mencapai tujuan tertentu. Modal yang cukup tentu menjadi kunci utama saat membuka usaha. Modal memang menjadi urutan pertama ketika berencana memulai sebuah usaha, baik usaha kecil, menengah dan skala besar. Begitu juga dengan usaha offline dan usaha online. Seberapa pun besar dana yang diperlukan, tetap saja itu namanya modal usaha. 

Walau banyak orang yang mengatakan bahwa modal tidak selalu menjadi faktor penentu keberhasilan seseorang menjalankan bisnisnya. Tapi tetap saja, iya pada akhirnyanya harus kembali pada hal itu. Memang sih, masih banyak faktor lain yang dapat menentukan apakah bisnis anda akan berhasil atau malah sebaliknya. 

Saat memutuskan untuk membangun usaha sendiri, tentu pertama kali yang terpikirkan anda adalah modal usaha yang cukup. Seperti kita ketahui, biaya menjadi faktor paling penting dalam membuka bisnis sendiri. Iya, pada akhirnya tanpa uang, rencana hanyalah tinggal rencana dan tinggal mimpi yang tak akan tercapai.

Biaya yang dibutuhkan tergantung jenis usaha yang akan dibangun. Bila usaha yang akan dibuka adalah toko kelontong, makan modalnya akan lebih besar dibandingkan membuka bisnis pulsa.
Cara Mudah Mencari Modal Usaha dalam Membuka Bisnis

Bagi calon pengusaha yang memiliki keterbatasan dalam modal usaha, ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk memperoleh modal tersebut. Lepas dari semuanya, diperlukan komitmen, kerja keras dan kejujuran agar pemilik modal bersedia memberikan bantuan modal usaha pada anda. 

Berikut adalah cara mudah mencari modal usaha dalam memulai sebuah usaha :
  • 1) Meminjam dari Bank dengan Jaminan
Ada program pinjaman yang disediakan oleh pihak Bank, yang disebut sebagai kredit multi guna (KMG) dimana anda dapat diberikan pinjaman dengan jaminan seperti aset properti atau kenderaan milik pribadi.
  • 2) Meminjam dari Bank Tanpa Agunan
Kita dipermudah dengan meminjam ke Bank tanpa harus ada jaminan, kita dapat memakai fasilitas KTA atau Kredit Tanpa Agunana. Bagi pengusaha, biasanya ini adalah favorit mereka, terlebih bagi pencari modal sebab anda akan tetap mendapatkan uang meskipun tanpa memberikan jaminan. Tapi tentu bunganya lebih besar. 
  • 3) Kerjasama dengan Teman
Anda bisa bekerjasama dengan teman atau saudara untuk membuka usaha bersama dengan modal patungan. Tapi lakukan perjanjian dengan jelas, secara tertulis soal pembagian hasil atau saat usaha anda bangkrut.
  • 4) Meminjam Dari Teman
Sebaiknya anda jujur tentang prospeknya, agar teman anda mau meminjamkan uangnya untuk anda sebagai modal usaha. Iya walaupun tidak sebesar meminjam ke bank.
  • 5) Menjual dan Menggadaikan Asset
Aset yang anda miliki selain bisa dibuat sebagai jaminan, mungkin bisa dijual atau digadaikan pada instansi tertentu. Jika menjual, maka anda tidak harus membayar hutang setiap bulan sampai lunas. Tapi dibandingkan langsung menjual, coba pertimbangkan untuk menggadaikan aset anda seperti properti, emas, kenderaan dll. 
  • 6) Buka Usaha dengan Konsep Waralaba
Konsep ini berguna untuk meminimalisir resiko kegagalan. Sebab anda akan dibantu sampai benar-benar dapat berjalan sendiri.
  • 7) Menggunakan Tabungan Sendiri
Bagi yang tidak suka berhutang, iya pilihan bagus adalah menggunakan tabungan sendiri sebagai modal usaha, yang akan menjauhkan anda dari resiko berhutang. 
  • 8) Ikut Pelatihan
Biasanya disetiap daerah, ada lembaga-lebaga tertentu yang sering melakukan training, pelatikan atau workshop yang bisa di ikuti secara gratis dan juga memberikan modal usaha. Sering-seringlah mengikutinya. 
  • 9) Sponsor dari Website
Mungkin ini lebih sering disebut sebagai crowfunding, walau masih tergolong baru di Indonesia. Cara ini dapat dicoba untuk mendapatkan modal usaha. Caranya anda menawatkan jenis usaha dari salah satu situs crowfunsing dan para pengunjung yang suka bisa menjadi sponsor dengan menyumbangkan uangnya. Di indonesia sendir ada beberapa situs seperti Kitabisa, Wujudkan, atau AyoPeduli.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu