Skip to main content

8 Kiat Sukses Berwirausaha dari Presiden Jokowi

Ir. H. Joko Widodo atau yang lebih akrab disapa Jokowi adalah Presiden ke-7 Indonesia yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Ia terpilih bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dalam Pemilu Presiden 2014. Joko Widodo lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjiatmi dan merupakan anak sulung dan putra satu-satunya dari empat bersaudara. Ia memiliki tiga orang adik perempuan bernama Iit Sriyantini, Ida Yati dan Titik Relawati.  Pada tahun 1988, ia memberanikan diri membuka usaha sendiri dengan nama CV Rakabu, yang diambil dari nama anak pertamanya. Usahanya sempat berjaya dan juga naik turun karena tertipu pesanan yang akhirnya tidak dibayar. Namun pada tahun 1990 ia bangkit kembali dengan pinjaman modal Rp 30 juta dari Ibunya.

Menjadi orang nomor satu di Indonesia selama beberapa tahun terakhir, Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa dengan Jokowi ini memiliki segudang pengalaman di dalam menjalankan bisnis. Hal ini cukup beralasan, mengingat beliau adalah seorang pebisnis sukses di bidang furnitur di Solo, Jawa Tengah. auh sebelum menekuni karirnya di bidang pemerintahan, beliau telah terlebih dahulu mencicipi ranah bisnis dengan memimpin sebuah perusahaan furnitur yang sukses. Hal ini tentu bukan sebuah pencapaian yang dapat diraih dalam beberapa malam saja, sebab berbagai hambatan tentu selalu mewarnai dunia bisnis.

Sosok sederhana yang rajin blusukan untuk melihat sendiri kondisi di lapangan ini, memiliki berbagai cara jitu dalam menjalankan bisnisnya. Semua hal tersebut tentu dilakukan untuk bisa meraih kesuksesan di dalam bisnis tersebut, dan tentunya bisa Anda terapkan di dalam bisnis yang akan atau telah Anda jalankan saat ini. 

8 Kiat Sukses Berwirausaha dari Presiden Jokowi


Simak beberapa cara yang dilakukan Jokowi dalam mengelola dan membawa bisnisnya menuju kesuksesan seperti di bawah ini:

1. Jeli Melihat Peluang dan Memanfaatkannya
Sebelum memulai sebuah bisnis, Anda harus memiliki kemampuan untuk melihat peluang pasar yang ada, sebab ini akan menentukan sukses atau tidaknya Anda dalam bisnis tersebut. Hal inilah yang juga dilakukan oleh Jokowi, di mana beliau memiliki kemampuan yang baik dalam melihat peluang yang ada untuk bisnis yang akan dijalankannya.

Selain pintar melihat peluang yang ada, Anda juga dituntut untuk bisa memanfaatkan peluang tersebut menjadi sebuah kesempatan emas dalam meraih kesuksesan. Jangan membiarkan peluang itu berlalu begitu saja tanpa melakukan apapun untuk meraihnya, sebab mungkin tidak akan pernah ada lagi peluang yang sama ke depannya. Ambil dan lakukan dengan segera, sehingga bisnis tersebut berjalan tepat waktu dan bisa berkembang di dalam sebuah kesempatan yang sangat baik.

2. Kerja Keras dan Penuh Semangat
Dalam menjalankan sebuah bisnis, akan selalu dibutuhkan sebuah upaya yang maksimal dari semua lini di dalamnya. Jalankan bisnis Anda dengan penuh semangat dan juga kerja keras, sehingga hasil yang akan didapatkan juga maksimal dan sesuai dengan harapan. Hal ini tentu bukan sebuah pekerjaan yang mudah, terutama bagi Anda yang tidak biasa melakukannya, sehingga akan dibutuhkan sebuah komitmen yang besar untuk menjalankan hal ini di dalam bisnis Anda.

Sebuah bisnis tidak akan berhasil dalam waktu yang singkat saja, akan dibutuhkan keuletan dan juga kesabaran dalam menjalankannya. Selalu berikan yang terbaik yang bisa Anda lakukan, termasuk dengan menerapkan sejumlah aturan di dalam menekuni bisnis tersebut.

3. Turun Kelapangan dan Melihat Masalah dari Dekat
Sebagian besar pebisnis akan merasa puas dengan hanya melihat laporan para pegawai dan juga berbagai divisi yang terdapat di dalam bisnisnya, sebab mereka begitu sibuk di dalam bisnis yang dijalankannya. Tapi Jokowi tidak, di mana beliau akan selalu turun ke lapangan dan meninjau secara langsung semua kegiatan dan tidak memiliki sejumlah waktu untuk sekedar menilik bisnisnya dari dekat. Hal inilah yang sering tidak dilakukan oleh pengusaha lain.

Dengan turun langsung ke lapangan, Anda akan memiliki kesempatan yang sangat luas untuk melihat dan menangani berbagai permasalahan yang terjadi di dalam bisnis Anda. Ini tentu akan sangat berbeda dengan kondisi di mana Anda hanya menerima dan melihat perkembangan bisnis Anda melalui laporan di atas kertas saja. Biasakan untuk terjun langsung ke lapangan, sehingga Anda begitu dekat dan paham dengan berbagai kendala yang terjadi di dalam bisnis tersebut.

4. Terapkan Sistem Terbaik
Sebuah bisnis harus memiliki sebuah sistem yang baik dan dapat mendukung produktivitas dengan maksimal, hal inilah yang selalu diyakini oleh Jokowi. Beliau memiliki keyakinan bahwa sistem yang baik mampu untuk menjalankan semua lini dan juga talenta-talenta terbaik yang terdapat di dalamnya.

Sebuah bisnis harus didasari oleh sebuah sistem yang baik dan mumpuni, di mana hal tersebutlah yang akan menjadi pondasi dan juga kekuatan bisnis tersebut di masa yang akan datang. Sistem ini akan menjadi sebuah fasilitas yang dapat mendukung kinerja talenta terbaik yang ada di dalam bisnis tersebut, di mana hal ini akan menjadi modal terbesar untuk perkembangan bisnis yang Anda jalankan.

Namun jangan membuat sebuah sistem yang terlalu berlebihan dan begitu sulit untuk dijalankan, sehingga talenta di dalam bisnis tersebut tidak dapat berkembang dengan maksimal. Terapkan sebuah sistem yang baik dan tepat, di mana semua berjalan dengan ketat namun masih tetap dalam batasan yang wajar dan masuk akal.

5. Membuat Orang Yakin untuk Sukses Bersama
Satu hal yang dimiliki oleh Jokowi dan tidak dimiliki oleh semua orang adalah kemampuannya untuk membuat orang dan lingkungan di sekitarnya yakin bisa sukses bersama dengan dirinya. Hal inilah yang menjadi pembeda antara beliau dengan yang lainnya, di mana sejak debutnya pada bisnis pertamanya beliau bisa meyakinkan karyawannya untuk meraih sukses bersama.

Pemikiran seperti ini bukanlah sebuah hal yang baru, sebab beberapa tokoh yang berhasil di dunia dalam berbagai bidang telah menerapkannya di dalam usaha yang mereka jalankan. Jika karyawan Anda memiliki keyakinan yang sama pada diri Anda, maka mereka akan selalu loyal dan percaya pada kemampuan Anda dalam memimpin mereka untuk meraih kesuksesan bersama.

6. Jalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Jokowi selalu memiliki cara yang baik dalam menjalankan bisnisnya, termasuk dengan menjaga hubungan baik dengan para relasinya. Hal ini dijadikan sebagai modal juga, di mana beliau selalu berupaya untuk memberikan lebih dari apa yang seharusnya dilakukan, Beliau paham betul bahwa sebuah usaha tidak akan berjalan tanpa adanya pelanggan / konsumen yang membeli serta menggunakan produk tersebut.

Ini juga menjadi poin penting yang harus Anda terapkan di dalam bisnis Anda, sebab hal ini akan menentukan sukses atau tidaknya Anda di dalam bisnis tersebut. Pada dasarnya semua bisnis akan selalu berhubungan langsung dengan para pelanggan, bahkan bisnis yang besar sekalipun.

Itulah mengapa semua orang selalu berupaya dengan keras untuk menjaga hubungan baik dengan para pelanggan mereka, bahkan meski mereka telah sukses di bidang tersebut. Tentu bukan sebuah pekerjaan yang mudah untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan, namun jika hal ini dilakukan secara konsisten maka ini bukanlah sebuah pekerjaan yang terlalu sulit untuk dilakukan.

Biasakan untuk mendengarkan keluhan atau bahkan harapan mereka terhadap produk / layanan bisnis Anda, sehingga Anda paham betul apa yang harus Anda lakukan ke depannya untuk memenuhi permintaan tersebut.

7. Tetap Konsisten dalam Semua Kondisi
Bisnis tidak akan selalu berjalan dengan mulus dan tanpa rintangan, sebab semua akan berkembang dan mengalami pasang surut mengikuti pasar. Dalam kondisi pasar yang buruk, seringkali pebisnis akan terpuruk dan mudah menyerah. Hal inilah yang menjadi kendala di dalam perkembangan bisnis, di mana bisnis tersebut tidak mampu bertahan pada kondisi sulit tertentu yang dihadapinya.

Jokowi selalu memiliki keyakinan pada bisnis yang dijalankannya, sehingga pantang baginya untuk menyerah dan meninggalkan bisnis tersebut dalam kondisi sulit sekalipun. Beliau selalu memilih untuk menghadapi berbagai masalah dan juga kendala yang datang di dalam bisnisnya, di mana hal tersebut dianggapnya sebagai ujian dalam meraih kesuksesan. Jalankan bisnis Anda dengan konsisten, bahkan pada berbagai kondisi tersulit sekalipun, sebab setelah masa sulit berlalu maka kesuksesan akan selalu menunggu.

8. Berani Menghadapi Risiko
Semua  bisnis akan selalu mengandung risiko, di mana keberanian Anda akan diuji pada setiap resiko yang ada. Hal ini bisa dihadapi dengan keyakinan dan juga kemampuan mumpuni dalam menjalankan bisnis tersebut. Jika kedua hal tersebut telah Anda miliki sejak awal, maka risiko bukanlah sebuah hal menakutkan bagi Anda, bukan?

Pahami dan Kuasai dengan Baik
Dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tentu akan dihadapkan pada berbagai permasalahan dan juga kendala di lapangan. Ini adalah hal yang sangat umum terjadi, bahkan hal serupa juga dialami oleh pebisnis sukses sekalipun. Presiden Jokowi memiliki berbagai hal yang bisa diterapkan untuk meraih kesuksesan di dalam bisnis, tentunya dengan sejumlah pengalaman beliau di bidang tersebut. Jalankan bisnis Anda dengan sistem yang tepat, agar semua masalah dan kendala bisa teratasi dengan baik dan Anda meraih kesuksesan di bidang tersebut.

Sumber : Cermati.com

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu