Skip to main content

8 Bisnis Waralaba Untuk Karyawan Yang Layak Dicoba

Anda berminat membuka bisnis sampingan namun minim pengalaman? Bisnis waralaba bisa menjadi solusi yang tepat. Waralaba atau yang dikenal dengan istilah franchise dari bahasa Perancis, sedang marak sekarang ini. Bisnis waralaba banyak dilirik oleh kalangan karyawan dan pengusaha pemula yang ingin membangun usaha sampingan namun minim pengalaman atau kurangnya waktu untuk menjalankan usaha.

Bisnis waralaba memungkinkan pemilik usaha untuk tetap bekerja di perusahaan dan usaha tetap berjalan. Dalam memilih usaha waralaba, Anda perlu melakukan banyak hal seperti menyediakan modal, rencana bisnis yang efektif, mencari franchisor terpercaya, lokasi yang strategis, produk yang berkualitas dan harga yang bersaing.

Dari semua hal tersebut, pertanyaan yang paling utama adalah bisnis waralaba apa yang cocok untuk Anda? Berikut 8 bisnis waralaba yang menguntungkan dan layak Anda coba.

  • 1. Waralaba Makanan dan Minuman
Bisnis waralaba di bidang kuliner sangat menjanjikan mengingat makanan dan minuman adalah salah satu kebutuhan pokok kita. Modal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini pun beragam. Bahkan, ada waralaba yang hanya memerlukan modal di bawah 2 juta rupiah untuk bisa mendapatkan gerobak beserta alat, bahan dan racikan makanan atau minuman.

Jika Anda memiliki modal yang lebih besar, sekitar 10 sampai 100 juta rupiah, Anda dapat memilih waralaba makanan dan minuman dengan gaya kafetaria. Contoh usaha waralaba di bidang makanan dan minuman adalah mie ayam, bakso, cappucino (capcin), bakery, berbagai es, jajanan tahu, martabak, olahan durian, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih bisnis ini. Anda sebaiknya memilih makanan atau minuman untuk segala usia atau makanan yang cocok untuk keluarga sehingga mudah dalam pemasaran dan target pasar lebih luas.

waralaba, bisnis waralaba, bisnis untuk karyawanMemilih lokasi pun tak boleh semabarangan. Tempat berjualan yang dekat dengan pusat keramaian seperti mal, kampus, perumahan, sekolah dan kantor akan memberikan pengaruh terhadap omzet penjualan. Sesuaikan pula harga dengan target pasar Anda. Jika targetnya adalah mahasiswa, Anda sebaiknya menjual makanan atau minuman yang sesuai dengan kantong mereka.

  • 2. Waralaba Mini Market
Minimarket adalah usaha sampingan kedua yang patut Anda pertimbangkan apabila ingin membuka bisnis waralaba. Usaha minimarket memiliki prospek yang baik dan menguntungkan. Banyak orang lebih memilih berbelanja di minimarket karena lebih murah dan lengkap.

Selain di kota besar, minimarket sekarang ini sudah merambah ke kota-kota kecil bahkan sampai ke pedesaan. Konsep berbelanja dengan model modern ini membuat konsumen lebih leluasa memilih barang dan lebih nyaman saat berbelanja.

Dalam menjalankan bisnis minimarket ini, Anda perlu mempersiapkan modal Rp 50-100 juta rupiah serta lokasi yang strategis dengan ruangan yang bersih, luas, nyaman dan modern. Selain itu, Anda juga perlu menentukan harga yang kompetitif dengan produk yang berkualitas (tidak lewat tanggal kadaluarsa), sehingga diperlukan pengawasan berkala agar bisnis minimarket Anda berjalan dengan baik dan menguntungkan.

  • 3. Waralaba Pakaian
Selain makanan, pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Kebutuhan akan pakaian semakin hari semakin meningkat. Setiap orang tentu membutuhkan pakaian lebih dari satu, ditambah lagi perbedaan cuaca yang menyababkan orang memilih pakaian yang sesuai agar nyaman beraktivitas.

Selain itu, setiap acara sering memiliki dress code tersendiri yang memaksa orang untuk membeli pakaian lagi. Fashion juga berpengaruh besar terhadap daya beli masyarakat, terutama kaum remaja. Memperhatikan peluang tersebut, bisnis waralaba pakaian layak Anda coba.

Sebelum memutuskan untuk menekuni bisnis pakaian, Anda perlu menentukan target pasar, siapa yang menjadi sasaran bisnis Anda, apakah para ibu, ayah, anak, atau remaja. Hal ini membantu Anda mencari model dan jenis pakaian yang banyak diminati oleh calon konsumen Anda.

  • 4. Waralaba Perlengkapan Bayi & Anak
Menjual perlengkapan bayi dan anak adalah usaha yang tergolong menjanjikan. Jumlah masyarakat selalu bertambah setiap saat dengan meningkatnya angka kelahiran semakin menjadi peluang pasar. Setiap pernikahan akan diikuti dengan kelahiran pada tahun-tahun berikutnya, sehingga permintaan akan perlengkapan bayi dan anak akan terus meningkat.

Segmen pasar untuk jenis bisnis ini pun terbilang luas. Mereka adalah wanita hamil, para ibu yang telah melahirkan, keluarga yang akan menunggu kehadiran bayi serta kerabat dan teman dekat yang hendak membeli kado pernak-pernik dan perlengkapan bayi. Peluang ini sebaiknya tidak dilewatkan karena dapat menghasilkan keuntungan besar apabila digeluti dengan serius dan tekun.

Dengan memiliki modal di bawah Rp 10 juta, Anda sudah bisa bekerja sama dengan baby shop Franchisor untuk membangun sebuah bisnis waralaba perlengkapan bayi dan anak. Modal yang lebih besar berpeluang untuk membuka jenis bisnis waralaba yang lebih berkualitas dan terpercaya.

  • 5. Waralaba Laundry dan Jasa Kebersihan
Saat ini banyak orang yang semakin sibuk sehingga tidak sempat untuk mencuci baju atau membersihkan rumah. Wanita karier, pria pengusaha, dan para mahasiswa cenderung membawa pakaian mereka kepada jasa laundry. Sedangkan jasa kebersihan dapat Anda ditawarkan di perkantoran dan rumah gedongan. Nah, peluang ini perlu Anda manfaatkan untuk membuka usaha waralaba laundry dan jasa kebersihan.

Dalam memilih franchise laundy dan jasa kebersihan, Anda perlu melakukan survey franchisor, jumlah investasi, track record, sistem managemen, serta lokasi yang tepat untuk merintis usaha tersebut. Perhatikan usaha laundry lain yang telah lebih dahulu ada di lokasi di mana usaha Anda akan dibangun. Dengan modal di bawah Rp 10 juta, bahkan di bawah Rp 5 juta, Anda sudah bisa membuka bisnis waralaba laundy dan jasa kebersihan.

  • 6. Waralaba Salon Kecantikan dan Klinik Kesehatan
Untuk Anda yang memiliki hobi mempercantik diri, peluang bisnis dari hobi ini layak Anda coba. Dari remaja, wanita karier sampai ibu rumah tangga ingin tetap tampak cantik dengan melakukan perawatan diri. Oleh sebab itu, bisnis salon kecantikan dan perawatan tubuh (spa) tidak akan pernah sepi dari pengunjung.

Selain itu, setiap harinya pasti ada orang sakit yang membutuhkan perawatan sehingga bisnis di bidang kesehatan memiliki prospek yang menjanjikan. Jika Anda memanfaatkan peluang ini dengan baik, bisnis waralaba salon kecantikan dan klinik kesehatan dapat memberi Anda keuntungan yang besar.

Modal yang Anda perlukan berkisar Rp 25-100 juta atau lebih untuk bekerja sama dengan franchisor salon kecantikan. Jika Anda memiliki modal di atas Rp 100 juta, peluang untuk membuka bisnis klinik kesehatan menjadi lebih terbuka. Investasi di bidang kecantikan dan kesehatan ini tidak akan membuat Anda rugi jika Anda memiliki strategi yang tepat dalam pengawasan dan pengelolaan.

  • 7. Waralaba Pendidikan dan Pelatihan
Bisnis waralaba selanjutnya yang menawarkan prospek menguntungan sehingga patut Anda coba adalah jasa di bidang pendidikan dan pelatihan. Setiap orang tua menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Selain itu, banyak orang yang tergiur untuk meningkatkan keterampilan mereka di bidang tertentu.

Bimbingan belajar (dari bimbingan setiap mata pelajaran, calistung, sampai semua pelajaran), les musik, les renang, kursus komputer, kursus menjahit, pelatihan menyetir mobil, pelatihan memasak dan pelatihan-pelatihan lainnya dapat menjadi bisnis yang menjanjikan.

Untuk beberapa bisnis di bidang jasa pendidikan dan pelatihan seperti sekolah dan bimbingan belajar, modal yang Anda perlukan untuk memulai bisnis waralaba ini tegolong besar, yaitu di atas 100 juta rupiah. Namun ada juga jasa dan pelatihan yang menawarkan penyediaan modal di bawah Rp 100 juta.

  • 8. Waralaba Agen Travel
Dengan semakin banyaknya orang yang suka bepergian, peluang bisnis di bidang jasa agen travel semakin terbuka lebar. Hobi travelling semakin jadi tren apalagi dengan adanya peran media sosial di mana orang-orang dapat berbagi pengalaman dan foto sehingga membuat yang lain ingin berkunjung ke tempat wisata direkomendasikan.

Untuk menjalankan bisnis waralaba agen travel ini tergolong mudah karena kebanyakan menggunakan sistem online (bisnis online) dalam menawarkan jasa kepada konsumennya. Selain itu, modal yang diperlukan juga tak lebih dari Rp 100 juta, sehingga Anda dapat menikmati keuntungan besar, terutama pada musim liburan.

Ada banyak waralaba yang menawarkan prospek bisnis di bidang yang Anda minati. Teliti sebelum membeli adalah hal yang harus Anda ingat sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan satu franchisor. Selain menyediakan modal yang sesuai, Anda juga perlu menetapkan hati untuk memulai bisnis ini. Di balik keuntungan yang besar, selalu ada resiko yang besar pula. Persiapkanlah diri Anda untuk menjadi seorang pengusaha waralaba yang handal. (Sumber by duniakaryawan.com)

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu