Skip to main content

Tips Strategi Pemasaran Bisnis Kecil Agar Sukses Dengan Biaya Murah

Strategi pemasaran yang baik pada bisnis kecil yang dijalankan akan memperoleh pemasukan atau pendapatan sesuai dengan yang diinginkan. Tetapi disamping itu, tujuan utama dari suatu pemasaran itu sendiri bukanlah keuntungan semata, akan tetapi juga menancapkan nama serta strategi pemasaran untuk jangka keuntungan yang lebih panjang. Strategi pemasaran mutlak diperlukan jika anda ingin membuat produk usaha anda dikenal luas oleh masyarakat. Strategi pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Baik usaha kecil menengah maupun usaha skala besar. Demikian juga dengan peluang usaha baru maupun bisnis yang telah lama dirintis. Merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik minat konsumen pada usaha kecil masih sangatlah sulit. Mungkin dikarenakan Bisnis kecil biasanya aggaran modalnya kecil. Tantangan inilah yang harus segera diatasi, apalagi jika kebutuhan untuk produksi hingga pemasaran membutuhkan biaya yang sangat besar. Strategi pemasaran yang Anda jalankan harus mampu memberikan pemahaman kepada para konsumen, tentang apa yang Anda kerjakan, dan apa yang Anda produksi.

Tips Pemasaran Bisnis Kecil Agar Sukses :
  • Riset pasar dapat Anda lakukan melalui survey, wawancara, kuesioner dan lain sebagainya
    http://idemotivasibisnis.blogspot.co.id/2016/09/tips-strategi-pemasaran-bisnis-kecil.html
  • Buatlah analisis target pemasaran dengan cara melakukan pengamatan langsung.
  • Bekerjasama dengan pengusaha atau rekan Anda untuk pemasangan iklan
  • Submit URL halaman postingan Anda ke mesin pencari. Tujuannya agar pelanggan lebih mudah mencari informasi tentang produk Anda dan akan menemukan halaman Anda.
  • Alokasikan dana pemasaran Anda untuk membuat sebuah kemasan produk, promosi, iklan dan juga publisitas. 
  • Mempromosikan suatu produk atau bisnis adalah dari mulut ke mulut.
  • Optimasi website toko online
 Membuat website untuk bisnis kecil Anda sebagai mempromosikan bisnis kecil Anda
  • Tentukan metode pemasaran yang paling tepat berdasarkan kebiasaan dan gaya komunikasi target pemasaran anda.
  • Ikut pameran ataupun bazar - Salah satu media promosi yang murah bahkan gratis adalah dengan mengikuti event, seperti pameran ataupun bazar.
  • Buatlah kontes atau perlombaan - Selain dengan memposting artikel Anda juga bisa menarik minat pengunjung untuk masuk dan mengenal bisnis Anda dengan sebuah kontes.
  • Optimalkan komunitas lokal - dengan lebih sering berkumpul dan mengikuti komunitas lokal
  • Konsisten dalam menjalankan strategi pemasaran.
  • Membuatlah paling tidak dua macam strategi pemasaran untuk diterapkan, bukan hanya satu.
  • Buatlah masa evaluasi untuk melihat apakah strategi pemasaran yang anda buat berhasil atau tidak
  • Tempelkan Stiker bisnis anda di Pusat Keramaian - Stiker kecil tentang usaha Anda bisa dibuat secara menarik dan kemudian ditempelkan di tempat-tempat umum, terutama tempat-tempat di mana banyak orang menunggu dan antre seperti toilet, halte dan angkutan kota.

Tapi ingat, ketika menerapkan strategi pemasaran untuk bisnis kecil jangan langsung berharap cepat-cepat mendapat keuntungan. Tentu sebuah proses sangat dibutuhkan agar strategi pemasaran bisnis anda berjalan dengan baik. Dan juga harus tetap dikawal dengan baik agar pemasaran berjalan sesuai yang dikonsepkan.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu