Strategi pemasaran yang baik pada bisnis kecil yang dijalankan akan memperoleh pemasukan atau pendapatan sesuai dengan yang diinginkan. Tetapi disamping itu, tujuan utama dari suatu pemasaran itu sendiri bukanlah keuntungan semata, akan tetapi juga menancapkan nama serta strategi pemasaran untuk jangka keuntungan yang lebih panjang. Strategi pemasaran mutlak diperlukan jika anda ingin membuat produk usaha anda dikenal luas oleh masyarakat. Strategi pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Baik usaha kecil menengah maupun usaha skala besar. Demikian juga dengan peluang usaha baru maupun bisnis yang telah lama dirintis. Merencanakan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik minat konsumen pada usaha kecil masih sangatlah sulit. Mungkin dikarenakan Bisnis kecil biasanya aggaran modalnya kecil. Tantangan inilah yang harus segera diatasi, apalagi jika kebutuhan untuk produksi hingga pemasaran membutuhkan biaya yang sangat besar. Strategi pemasaran yang Anda jalankan harus mampu memberikan pemahaman kepada para konsumen, tentang apa yang Anda kerjakan, dan apa yang Anda produksi.
Tips Pemasaran Bisnis Kecil Agar Sukses :
- Riset pasar dapat Anda lakukan melalui survey, wawancara, kuesioner dan lain sebagainya
- Bekerjasama dengan pengusaha atau rekan Anda untuk pemasangan iklan
- Submit URL halaman postingan Anda ke mesin pencari. Tujuannya agar pelanggan lebih mudah mencari informasi tentang produk Anda dan akan menemukan halaman Anda.
- Alokasikan dana pemasaran Anda untuk membuat sebuah kemasan produk, promosi, iklan dan juga publisitas.
- Mempromosikan suatu produk atau bisnis adalah dari mulut ke mulut.
- Optimasi website toko online Membuat website untuk bisnis kecil Anda sebagai mempromosikan bisnis kecil Anda
- Tentukan metode pemasaran yang paling tepat berdasarkan kebiasaan dan gaya komunikasi target pemasaran anda.
- Ikut pameran ataupun bazar - Salah satu media promosi yang murah bahkan gratis adalah dengan mengikuti event, seperti pameran ataupun bazar.
- Buatlah kontes atau perlombaan - Selain dengan memposting artikel Anda juga bisa menarik minat pengunjung untuk masuk dan mengenal bisnis Anda dengan sebuah kontes.
- Optimalkan komunitas lokal - dengan lebih sering berkumpul dan mengikuti komunitas lokal
- Konsisten dalam menjalankan strategi pemasaran.
- Membuatlah paling tidak dua macam strategi pemasaran untuk diterapkan, bukan hanya satu.
- Buatlah masa evaluasi untuk melihat apakah strategi pemasaran yang anda buat berhasil atau tidak
- Tempelkan Stiker bisnis anda di Pusat Keramaian - Stiker kecil tentang usaha Anda bisa dibuat secara menarik dan kemudian ditempelkan di tempat-tempat umum, terutama tempat-tempat di mana banyak orang menunggu dan antre seperti toilet, halte dan angkutan kota.
Tapi ingat, ketika menerapkan strategi pemasaran untuk bisnis kecil jangan langsung berharap cepat-cepat mendapat keuntungan. Tentu sebuah proses sangat dibutuhkan agar strategi pemasaran bisnis anda berjalan dengan baik. Dan juga harus tetap dikawal dengan baik agar pemasaran berjalan sesuai yang dikonsepkan.
Comments
Post a Comment