Strategi Menaikkan Harga Produk Tanpa Kehilangan Pelanggan - Di dalam sebuah bisnis, menaikkan harga tanpa strategi akan menjadi suatu masalah. Salah satu dampak dari kenaikkan harga yaitu kehilangan pelanggan dan minimnya peminat. Masih memungkinkan ketika kenaikan harga BBM. Sehingga semua orang mengetahuinya. Faktanya adalah tanpa kenaikan harga BBM pun Anda pun terkadang harus menaikkan harga jika Anda ingin usaha Anda berkembang dan berekspansi dengan menambah value-added dan layanan kepada konsumen. Meskipun harga yang kompetitif, tidak sepenuhnya menjamin pelanggan akan semakin banyak. Setiap perusahaan tentu siap berkompetisi tetapi perlu kita lihat juga bahwa masih banyak kekuatan dan inovasi yang dapat dikembangkan selain dari sisi harga produk. Dilihat dari perilaku konsumen Indonesia, sebagian besar mereka memilih untuk membeli produk yang harganya lebih murah dari produk lain, masalah kualitas justru menjadi nomor dua.
Lalu bagaimana cara kita bisa menaikkan harga tanpa kehilangan pelanggan? Perhatikan tips-tips berikut yang bisa membantu Anda menaikkan harga produk tanpa kehilangan pelanggan.
- Naikan Harganya Sekarang.
Anda tidak perlu mengkhawatirkan terlalu banyak alasan untuk menundanya. Coba lakukan sekarang meskipun margin harga yang dinaikan sangat kecil. Setelah itu lihat respon dari pelanggan. Jika Anda masih takut juga untuk menaikan harganya coba awalnya beri dengan paket tambahan, atau bonus produk yang lain atau dengan tambahan servis yang lebih dari biasanya. Beri juga batasan waktu untuk promo tersebut.
- Selalu jelaskan keuntungan yang akan pelanggan dapatkan, BUKAN alasan Anda menaikkan harga
Jangan menyalahkan inflasi. Sebaliknya jelaskan kepada pelanggan, kepada konsumen keuntungan-keuntungan yang akan mereka peroleh yaitu tambahan value-added yang akan Anda berikan. Tak ada orang yang mau membayar harga yang lebih mahal tanpa adanya tidak mendapat tambahan apapun.
- Mensosialisasikan Kepada Pelanggan Terkait Kenaikkan Harga
Konsumen adalah salah satu elemen penting di dalam sebuah bisnis jadi sebisa mungkin untuk melibatkan mereka, apalagi hal ini terkait kenaikkan harga. Jadi, sebelum menaikkan harga ada baiknya mensosialisasikan kepada pelanggan Anda mengenai rencana kenaikkan harga. Hal ini agar pelanggan Anda dapat memahami keputusan Anda.
- Memberikan Penjelasan Kepada Konsumen dengan Jujur
Berikan penjelasan dengan jujur mengapa Anda menaikkan harga, bisa karena meningkatnya harga bahan pokok, naiknya biaya pengiriman dan lain hal. Sebaiknya berikan penjelasan dengan jujur agar pelanggan Anda dapat memahami situasi tersebut. Hal ini akan membuat pelanggan Anda tetap loyal dan memberikan value yang besar terhadap merek Anda.
- Membuat Menu Sesuai Harga
Buatlah menu produk dengan menempatkan harga paling mahal di tempat tertinggi, berurutan hingga yang paling murah berada di tempat paling bawah. Biasanya para pelanggan terutama pelanggan yang baru lebih memperhatikan apa yang mereka lihat dibandingkan dengan apa yang Anda bicarakan. Dengan memberikan informasi yang menarik pandangan pelanggan, banyak para pengusaha yang terbukti mengalami peningkatan keuntungan.
- Munculkan Keunikan Pada Produk Anda
Pada poin ini ditekankan soal keunikan dari produk itu sendiri. Pasalnya, keunikan itu sendiri tidak bisa dengan mudah kita buat dan langsung berhasil. Alih-alih laris dan dilirik oleh pasar, bahkan pasar luar negeri, produk buatan kita malah bisa hanya jadi pajangan saja di rumah.
- Memberikan Bonus atau Gift
Untuk mensiasati masalah tersebut Anda dapat memberikan bonus special berupa kupon undian atau sekedar gift. Hal ini dilakukan agar pelanggan berfikir walaupun ada sedikit kenaikkan, namun keuntungan yang didapatnya lebih banyak.
Comments
Post a Comment