Skip to main content

10 Contoh Usaha Kecil Menengah Bidang Kuliner Menguntungkan

Usaha kecil menengah (UKM) bidang kuliner adalah jenis bisnis yang bergerak dibidang makanan dan minuman. Usaha kecil menengah adalah jenis usaha kecil yang mempunyai kekayaan bersih paling banyak rp 200 juta termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Bisnis kuliner adalah jenis usaha yang akan selalu laris sepanjang masa, alasannya karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. UKM adalah tulang punggung ekonomi Indonesia. UKM ini juga sangat membantu negara atau pemerintah dalam hal penciptaan lapangan kerja baru dan lewat UKM juga banyak tercipta unit unit kerja baru yang menggunakan tenaga-tenaga baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. UKM pertama yang menjanjikan untuk mencapai sukses adalah UKM bidang kuliner. Usaha menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan.

http://idemotivasibisnis.blogspot.co.id/2016/09/contoh-usaha-kecil-menengah-bidang-kuliner.htmlUKM dibidang kuliner yang telah mencapai sukses sendiri sudah banyak. Kuliner yang berkaitan dengan makanan ini memang akan selalu dicari setiap orang untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Usaha Kecil Menengah di Bidang Kuliner menjadi usaha dan bisnis pokok masyarakat Indonesia yang menguntungkan. Usaha makanan tidaklah pernah surut dari konsumen karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia untuk keperluan hidup.  


Berikut adalah contoh usaha kecil menengah bidang kuliner;
  • Bisnis UKM  Berjualan Gorengan - Usaha UKM gorengan ini memiliki prospek yang cukup bagus, terlebih saat musim hujan tiba. Banyak sekali jenis gorengan yang bisa anda jual, seperti pisang goreng, tape goreng, ubi goreng, tempe dan tahu goreng dan masih banyak lagi. 
  • Bisnis UKM Berjualan Cemilan dan Snack - akan lebih baik dan banyak keuntungan dengan membuat cemilan sendiri. Misalnya membuat cemilan khas kota anda. Sehingga laba dan menjualnya pun lebih mudah.
  • Bisnis UKM Berjaulan Aneka Minuman - usaha yang satu ini sangat cocok apabila di jalankan di pinggir jalan raya atau pusat keramaian. Berbagai aneka minuman dapat dijual.
  • Bisnis UKM Warung Tenda - Warung tenda sendiri berbeda dengan rumah makan, warung tenda ini bisa berpindah tempat kapanpun, karena tidak bersifat permanen. 
  • Bisnis UKM Catering Rumahan - Usaha catering memang tidak ada matinya, prospeknya terus meningkat akhir-akhir ini. Ini di karenakan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang terus meningkat dan juga budaya serba instan mulai muncul di masyarakat secara luas.
  • Bisnis UKM Rumah Makan - Usaha rumah makan ini agar terlihat lebih berbeda dengan yang lain bisa anda buat se-khas mungkin. Seperti menyajikan makanan khas ala Jawa, Kalimantan, Bali, Papua dan lain sebegainya
  • Bisnis UKM Jualan bakso, soto dan mie ayam  - Untuk mendirikan usaha ini biasanya digabung, kalau mendirikan bakso+mie ayam atau sebaliknya soto dan bakso.
  • Bisnis UKM Susu Kedelai - Susu kedelai adalah susu yang di buat menggunakan bahan dasar susu kedelai. Susu kedelai ini cukup menyehatkan karena mengandung banyak sekali protein. 
  • Bisnis UKM Tahu dan Tempe - Kita bisa menemukan tahu dan tempe dengan mudah di manapun kita berada. Karena memang kedua lauk tersebut cukup murah meriah dan memiliki kandungan gizi yang tinggi.
  • Bisnis UkM Warung Nasi Mobile - bisnis warung nasi mobile ini bisa berpindah-pindah, tapi memakai alat transportasi seperti mobil keil yag sudah dimodifikasi khusus.

Comments

  1. sangat informatif, dan bermanfaat, yang butuh pinjaman coba liat Ajukan pinjaman KTA Niaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lihat tautan yang anda buat mengarah ke cekaja dot com. Situs tentang keuangan yang sangat besar.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu