Skip to main content

9 Tips Buka Usaha Lewat Instagram

Siapapun dapat menjadi seorang pengusaha termasuk Anda. Tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk membuka toko karena Anda bisa  dengan membuka usaha online terlebih dahulu. Sekarang sedang tren membuka usaha di media sosial instagram. Karena instagram sangat mempunyai banyak penggunanya. Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Untuk Anda yang ingin mencoba usaha online di instagram berikut tips nya :

  • 1. Atur dasar bisnis
Langkah paling awal membangun bisnis adalah mengatur dasar bisnis Anda itu. Anda bisa mulai dengan menentukan design logo. Selain itu tentukan visi dan misi bisnis Anda. Anda juga bisa mencantumkan visi misi Anda di bio instagram Anda. Sertakan juga kontak yang bisa dihubungi entah itu nomor telpon, e-mail, atau website Anda.

  • 2. Catat setiap pertumbuhan atau pencapaianmu setiap hari
Salah satu cara ini selain membantumu merekap data, juga bisa dijadikan bahan evaluasi guna mengetahui aspek yang kurang dan yang lebih dari bisnismu. Saat mengetahui aspek yang kurang, Anda bisa memperbaikinya. Saat ada aspek yang sudah bagus, Anda bisa lebih memaksimalkannya.

  • 3. Posting waktu yang tepat
Untuk memastikan postingan foto produkmu dilihat banyak orang, posting pada waktu yang tepat. Anda bisa minta bantuan teman yang bisa melakukan analisis pasar atau teman yang sudah berpengalaman menggunakan akun Instagram sebagai sarana berbisnis, guna mengetahui waktu terbaik tersebut. Dengan begitu, semakin banyak orang melihat, semakin banyak yang tahu dan penasaran dengan produk bisnismu.

  • 4. Konsisten dengan caption dan foto
Apabila Anda berniat berbisnis lewat Instagram, pastikan postinganmu hanya berisi terkait produk bisnismu, baik dari foto maupun caption. Sebisa mungkin bedakan dengan akun Instagram pribadi Anda. Perhatikan juga cara memosting foto di Instagram agar user lain terpikat dengan produkmu. Jangan lupa kasih caption unik biar orang semakin penasaran.

  • 5. Rancang isi konten
Dibutuhkan banyak konten berkualitas yang mencerminkan merek bisnis Anda. Sangat penting untuk menciptakan tampilan yang membuat orang bisa mengenali merek bisnis Anda. Membuat rancangan isi akun Instagram membuat Anda tidak akan bingung mau memposting apa saja setiap waktunya. Dengan adanya rancangan, Anda juga bisa mempersiapkan tampilan foto terbaik terkait produk atau merek bisnis Anda.

  • 6. Jalin ikatan dengan followermu
Jangan remehkan respons dari followermu. Perhatikan komentar mereka, baik saran maupun kritikan. Semakin Anda loyal kepada mereka, semakin mereka bisa berpotensi loyal kepada produk Anda. Mereka akan membantu mempromosikan produkmu sehingga bisnis Anda bisa semakin tumbuh subur.

  • 7. Belajar dari komunitas
Tidak hanya menjadi wadah pajangan produk, instagram juga tempat orang berbagi. Semisal ada komunitas yang terkait bisnismu di Instagram, jangan ragu follow dan ambil ilmu dari mereka. Perluas jaringan dan perbanyak wawasan akan membantu bisnis Anda berkembang.

  • 8. Mencari pengalaman
Jalin komunikasi dan relasi dengan pebisnis lain yang lebih handal dan berpengalaman. Misalnya mulai follow akun Instagram mereka, love foto mereka, perkenalkan diri, kasih komentar, dan perlahan interaksi terjalin. Dari dia Anda bisa belajar banyak tentang bisnis, yang bisa mendongkrak kemajuan bisnis Anda.

  • 9. Temukan pelanggan dan partner baru
Instagram dapat memfasilitasi Anda bertemu orang baru dan menjalin kerja sama. Manfaatkan itu. Seperti disinggung di atas, saat Anda follow akun pebisnis lain yang sejenis dengan Anda atau tidak, Anda bisa belajar dari dia. Saat Anda menjalin relasi hangat dengan followers, Anda bisa menambah banyak pelanggan.

Membangun usaha di media sosial susah – susah gampang. Bisnis online dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan tapi jika sudah berhasil Anda akan mendapatkan banyak income. (Sumber Artikel dari laruno.com)

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu