Skip to main content

Cara Terbaik Menjual Diri Sebagai Freelance

Cara terbaik menjual diri sebagai freelance dapat dilakukan dengan beberapa cara dibawah ini, salah satunya punya keterampilan yang unik dan disukai klien. Walapun unik, jika tidak disukai klien sama saja bohong. Jadi, juallah kemampuan anda. Sebagai freelance, tujuan utama anda adalah selalu untuk mendapatkan pekerjaan dan menghasilkan uang. Ini berarti harus menjual diri sendiri sebagai merek dan individu terampil untuk orang-orang yang mencari apa yang anda tawarkan. Jika anda berjuang untuk mengetahui bagaimana menjual diri sebagai freelance, berikut adalah cara terbaik untuk melakukannya;

  • MEMILIKI NICHE BERBEDA DAN UNIK
Menjadi berbeda dari semua pekerja lepas di luar sana dpat membuat anda menonjol sebagai freelance. Itulah mengapa itu ide yang baik mengukir niche sendiri. Lakukan sesuatu yang khusus yang tidak ditawarkan oleh orang lain kepada klien. Ini tidak harus berarti melakukan sesuatu yang gila atau tidak profesional. Itu hanya berarti mampu menawarkan sesuatu yang unik, dan juga menarik bagi klien. Jika anda dapat mengukir niche seperti itu, maka menemukan klien akan menjadi jauh lebih mudah.

  • MENCIPTAKAN WEBSITE SENDIRI
Untuk freelance apapun, situs web adalah aset penting. Situs web akan bertindak sebagai landasan dasar menemukan klien. Ini bisa berisi contoh karya terbaik anda, dan bahkan mungkin testimonial pelanggan. Websitenya juga harus memiliki desain yang bersih, modern dan mudah dinavigasi oleh pengguna. Hal ini akan memungkinkan klien potensial untuk melihatnya dengan mudah dan lengkap, yang persis seperti anda harapkan. Temukan seorang desainer web dengan harga terjangkau untuk membantu anda.

  • MELAKUKAN PENDEKATAN
Jika anda mencari klien, maka anda harus mendekati mereka. Anda tidak dapat mendapatkan kesempatan untuk membeberkan kemampuan dan keterampilan sendiri. Sayangnya, bukan itu cara kerjanya. Tentu saja, itu bisa sangat frustasi ketika anda sedang mencari klien, dan anda tidak berhasil dalam merebutnya. Tapi itu bukan alasan untuk menyerah. Sebagai freelance, anda akan mendapatkan banyak penolakan. Ini adalah sesuatu yang perlu dipelajari bagaimana cara melakukan pendekatan pada calon costumen. Teruslah mendekati orang dan mencari klien.

  • MENAWARKAN SOLUSI
Cara termudah untuk menarik orang adalah menawarkan solusi yang berguna untuk masalah dunia nyata yang mereka miliki. Jika anda dapat meyakinkan mereka bahwa anda memiliki solusi untuk masalahnya, maka anda bisa lebih sukses. Bagaimana anda menyajikan solusi untuk masalah mereka akan tergantung pada jenis pekerjaan yang anda lakukan. Tapi anda harus dapat menunjukkan kepada mereka apa yang anda mampu dan apa yang akan anda lakukan jika mereka mempekerjakanmu. Jangan meningkatkan harapan terlalu tinggi bahwa anda tidak dapat memberikan pada mereka sekalipun.

  • BERKOMUNIKASI DALAM BAHASA KLIEN 
Tidak ada potensi klien mempekerjakan anda jika mereka tidak mengerti apa yang anda jelaskan. Jika membingungkan mereka dengan bahasa yang tidak mereka ketahui, itu berarti tidak ada klien. Komunikasi sangat penting, jadi pikirkan kembali dengan hati-hati memilih klien dari luar negeri kecuali anda memang sudah sangat mengerti.

Selain itu, klien tidak suka dengan bahasa yang bertele-tele. Jangan membuat mereka bingung dengan cara berkomunikasi anda yang kurang mengerti menjelaskan maksud dan tujuan. Pokoknya jangan memperumit.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu