Skip to main content

6 Cara Efektif Mempromosikan Bisnis Lokal

Cara efektif mempromosikan bisnis lokal dapat dilakukan dengan beberca cara sederhana. Bukan berarti jika usaha lokal tidak perlu di promosikan. Tapi mengingat sudah semakin banyak pebisnis setempat bermunculan di daerah masing-masing membuat persaingan semakin ketat. Jadi, usahakan lah promosi dilakukan secara efektif. Bisnis lokal berkembang dengan pesat saat ini. Dimulai dari diri sendiri, pengusaha lokal/daerah menciptakan cara-cara baru yang inovatif untuk mempromosikan diri dan produk mereka. Kadang pelanggan mulai jenuh. Tapi, bagaimana anda membawa bisnis ke tingkat berikutnya? Bagaimana anda membangun apa yang telah anda buat, dan menjangkau lebih banyak orang di daerah setempat? Banyak usaha kecil membuat kesalahan dengan melihat terlalu jauh. Mereka mencoba untuk menjangkau khalayak global menggunakan internet. Yang benar adalah strategi niche yang jauh lebih kuat. Ada ribuan orang di daerah anda, bisnis independen rumahan.

Berikut adalah cara bisnis lokal mencapai pelanggan lebih banyak dengan promosi;
  • MATERI PROMOSI

Anda mungki berpikir bahwa selebaran, poster, dan brosur merupakan teknik pemasaran usang. Namun di daerah setempat, trik ini masih sangat efektif. Anda dapat mencapai orang yang tepat dengan membagi-bagikan selebaran dan kartu nama di daerah yang tepat. Jika target audiens anda adalah mahasiswa, tinggalkan selebaran promosi di sekitar universitas dan asrama. Jika anda melucurkan produk makan yang sehat, tinggalkan selebaran di gym lokal. 

  • FACEBOOK

Facebook adalah salah satu senjata yang paling kuat di gudang promosi. Ini sangat mudah untuk menjangkau dan berhubungan dengan orang di daerah anda menggunakan profil Facebook sendiri. Mulailah dengan membuat halaman bisnis, dan mengundang semua teman-teman di daerah setempat dan keluarga. Gunakan halaman untuk mengirim gambar dan update tentang bisnis anda. Menawarkan diskon eksklusif untuk pengikut anda, dan tetap menjaga halaman facebook selalu diperbaharui.

Salah satu hal terbaik tentang Facebook adalah sistem iklan. Anda dapat secara aktif menjangkau orang-orang di daerah anda. Lebih baik lagi, anda dapat beriklan langsung ke orang-orang yang tertarik pada produk anda. Katakanlah anda memiliki sebuah butik fashion lokal. Maka anda dapat mengatur sebuah iklan untuk menampilkan hanya kepada orang-orang di daerah anda dan hanya orang-orang yang menyukai fashion.

  • TWITTER

Twitter adalah cara lain untuk mempromosikan bisnis anda. Platform ini sangat cocok untuk update real-time. Gunakan profil untuk membiarkan orang tahu apa yang terjadi sekarang. Apakah anda menjalankan penawaran sekarang? Pergunakan untuk membangun sebuah komunitas pengikut. Atau, gunakan hashtags dan pastikan usaha anda bagian dari pecakapan.

  • EVENTS

Kami pikir sebuah event atau acara adalah cara terbaik untuk mempromosikan usaha lokal anda. Masyarakat senang untuk terlihat dalam acara-acara di daerah mereka. Anda bisa menjadi sangat kreatif disini. Jika anda menjalankan sebuah toko butik, mengapa tidak mengadakan acara musik kecil di toko? Jika anda pengusaha toko buku, undanglah penulis untuk melakukan penandatangan dan diskusi. Untuk bisnis lokal lainnya, anda dapat menjadi sponsor acara kota besar seperti kembang api atau acara olahraga. Mengundang wartawan lokal, dan pastikan semua orang berbicara tentang acara anda. Ini adalah cara yang bagus untuk menciptakan buzz tentang bisnis anda. Anda bahkan dapat memanfaatkan akun media sosial dengan membuat acara online. Pelajari lebih lanjut tentang cara menggunakan acara lokal untuk mempromosikan bisnis online anda dengan memuat link yang aktif.

  • OPTIMASI MESIN PENCARI

Optimasi mesin pencari atau SEO adalah salah satu aspek yag lebih rumit dari marketing digital. Tapi, itu dengan cepat menjadi lebih penting daripada sebelumnya untuk bisnis lokal. Update logaritma terakhir Google di juluki Pigeon, fokus berat pada hasil pencarian lokal. Google tahu bahwa setengah penggunanya melakukan pencarian dari perangkat mobile hari ini. Mereka hampir selalu mencari informasi lokal. Restoran terdekat di Samosir, kafe terdekat, tukang ledeng terbaik di kota. 

Kami akan senang mendengar dari setiap pengusaha lokal di luar sana. Apa trik dan teknik yang Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda di daerah setempat? Lalu apakah efektif cara promosi bisnis lokal anda?

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu