Skip to main content

9 Kesalahan Paling Umum Freelance Pemula

Freelancer adalah seseorang yang bekerja dengan satu atau beberapa employer/buyer dengan media internet untuk mendapatkan uang. Bidang yang umum untuk freelance adalah jurnalisme, penerbitan buku, penerbitan jurnal, dan bentuk-bentuk menulis, redaktur, redaktur-cetak, pengoreksi-cetak, pengindeksan, penyalin tulisan, programer komputer dan desain grafis, konsultan dan penerjemah. Pembayaran untuk pekerjaan lepas juga bervariasi. Pekerja lepas mungkin mengenakan biaya pada klien mereka dalam hitungan per hari, per jam, per halaman, atau pada basis per-proyek. Mengambil keputusan terjun untuk memulai bisnis freelance pertama anda adalah sebuah langkah yang besar. Hal ini membutuhkan keberanian dan komitmen untuk kembali pada diri sendiri dan kemampuan anda. Meskipun ini adalah waktu yang menyenangkan untuk menjadi freelancer apapun, itu bukan kejutan bahwa banyak freelancer yang pertama kali tidak mampu membangun bisnisnya berkembang. Saya yakin anda juga percaya bahwa kegagalan ini tidak mencerminkan kemampuan freelancer melainkan karena mereka memulai bisnisnya tanpa berpikir tentang tujuan jangka panjang karir mereka.

9 Kesalahan Paling Umum Freelance Pemula
img by Elegant Themes

Sebagai seorang freelancer, perlu bertanya pada diri sendiri pertanyaan berikut sebelum membuat keputusan untuk memulai;
  • Mengapa saya ingin memulai usaha freelancer sukses?
Freelancer tidak mengerti mengapa mereka ingin memulai, akan merasa sulit untuk mempertahankan motivasi dan tetap fokus mengembangkan usahanya. Memiliki visi gambaran besar untuk bisnis anda dapat membantu anda tetap pada jalur dan memastikan usaha anda bergerak ke arah tujuan anda. Masalah terbesar pekerja lepas baru sebagai bisnis ketika mereka mulai mendapatkan momentum;
  • Tidak Memberikan pelayanan yang layak
  • Terjebak dalam perang harga diskon
  • Tidak berfokus pada dasar yang tepat atau pelanggan
  • Memiliki penawaran layanan yang terlalu luas
  • Tidak fokus pada hal yang benar atau terlalu banyak hal
Kesalahan ini sering dibuat semata-mata karena freelancer tidak mempunyai strategi pertumbuhan yang telah terbukti atau terstruktur yang akan membantu mereka memerangi masalah ini sebagai bisnis.

Rahasia pekerja lepas sukses adalah memiliki alat yang tepat dan sistem untuk terobosan hambatan umum

Sebagai freelancer yang bekerja sendiri, berarti anda tidak hanya melakukan sejumlah pekerjaan tetapi sekaligus berusaha untuk membangun fondasi bisnis. Jika anda serius tentang membangun fondasi sukses, anda harus mengikuti proses yang benar untuk mencapai tujuan bisnis anda.

9 Kesalahan Sederhana yang dapat Dihindari Sebagai Freelancer
Berikut adalah beberapa kesalahan sederhana sebagai pekerja lepas yang dapat dihindari untuk memaksimalkan kesuksesan bisnis anda;
  • TIDAK MEMILIKI KESABARAN
Kesabaran sangat penting untuk keberhasilan setiap bisnis baru. Sukses tidak terjadi dalam semalam. Butuh beberapa tahun untuk mencapai penghasilan besar dan butuh banyak lagi kesabaran untuk tidak menyerah ketika menjumpai hambatan tersebut.

Setelag anda melakukan penelitian dan menegaskan bahwa jasa yang anda tawarkan memenuhi kebutuhan klien anda, anda perlu memberikan bisnis anda waktu untuk tumbuh. Terus mendapatkan umpan balik dari bisnis, memperbaiki tapi jangan berhenti sebelum anda memiliki kesempatan untuk membuat bisnis freelance anda sukses sejati.

Milikilah keyakinan dalam usaha anda dan pastikan anda berada di dalamnya untuk jangka panjang untuk melihat hasil yang nyata.

  • PENGELUARAN SEMUA UANG DI TEMPAT SALAH
Hal yang banyak disukai orang tentang model bisnis freelance adalah bahwa kita dapat memulai dengan segera dengan sedikit atau tanpa dana untuk menguji ide layanan anda dan memastikan klien anda menanggapi tawaran anda sebelum berinvestasi terlalu banyak uang dalam bisnis anda. Sebagai pekerja lepas, jangan mengambil begitu banyak proyek pada satu waktu sehingga dapat dijangkau secara langsung dan untuk menghemat biaya pemasaran.

Banyak pertama kali pemilik usaha begitu bersemangat dengan mereka mereka dengan ingin meletakkannya di segala tempat misalnya mug, kaos, topi. Branding ini tidak menambah nilai bisnis anda tapi akan berakhir dengan pembuangan uang. Sebaiknya tahan godaan itu dan menghabiskannya pada sesuatu yang dapat menghasilkan pendapatan.

  • TIDAK MEMILIKI KONTRAK
Ketika memulai sebuah bisnis, banyak pekerja lepas tidak mengerti pentingnya memiliki kontrak kerja. Tidak punya kontrak merupakan kesalahan yang mahal dan mungkin kesalahan terbesar dalam sebuah usaha. 

Umumnya isi dari kontrak adalah biaya proyek, ruang lingkup proyek dan ditandatangi oleh kedua belah pihak. Dengan tidak punya kontrak, bisa saja si klien tidak mau membayar untuk layanan atau mengklaim layanan yang berbeda sesuai yang dibicarakan. Nah, yang rugi siapa? Hindari kesalahan ini, sehingga bisnis anda pun akan terlihat profesional.

  • TIDAK MELAKUKAN PENELITIAN 
Selain mengidentifikasi pasar yang cocok untuk layanan anda,penting untuk mengambil waktu untuk penelitian pasar dan langsung menjangkau klien potensial. Memahami kebutuhan dan masalah klien dapat membantu anda lebih menyempurnakan tawaran untuk memastikan klien dapat melihat nilai yang anda tambahkan ke bisnis mereka.

Riset pasar terus-menerus dan mendapatkan umpan balik dari klien dapat membantu anda menyediakan layanan yang benar-benar pada klien dan terus menjadi relevan dalam target pasar anda.

  • MEMBERIKAN PELAYANAN KURANG  
Masalah terbesar freelancer adalah ketika mereka memulai bisnis mereka dengan pelayanan yang kurang. Nilai yang kurang benar-benar dapat mempengaruhi bisnis anda dalam jangka panjang karena klien akan melihat anda sebagai solusi murahan tidak sesuai dengan uang yang mereka berikan. Kadang-kadang untuk mengamankan klien pertama anda (1-3 proyek), perlu melakukan kesepakatan yang membuat klien menjadi klien jangka panjang. Artinya memberikan service yang memuaskan, karena bisa saja mereka yang membawa klien-klien baru bagi anda.

  • ANALISIS TERLALU BANYAK
Pernahkan anda mendengar istilah "kelumpuhan analisis"? Hal ini terhadi karena freelancer sedang menunggu waktu yang tepat sebelum mereka benar-benar berbicara dengan klien atau mendapatkan kontrak. Meskipun penting untuk melakukan survey pasar, tapi terlalu banyak penelitian dapat menghentikan untuk benar-benar mengambil tindakan apapun terhadapa tujuan anda.

Melalukan penelitian merupakan hal penting, tetapi anda perlu mengingat tidak waktu yang tepat. Waktu yang tepat bisa menjadi alasan untuk berhenti memulai.

  • BERUSAHAT UNTUK MENGERJAKAN SESUAI TARGET 
Anda lebih baik memiliki pasar yang lebih kecil dengan layanan tertentu dan membuat dampak besar di pasar itu. Untuk apa berada dipasar yang besar tetapi pekerjaan tidak sesuai target yang dijanjikan dalam kontrak. Namun, walaupun dalam pasar kecil tapi punya dampak besar bisa menjadikan anda ahli sehingga pertumbuhan bisnis anda menjadi konsisten.

  • TIDAK MEMILIKI MENTOR
Anda perlu mentor. Memiliki mentor dapat membantu anda menghindari begitu banyak kesalahan yang membuat bisnis anda tidak tumbuh. Seorang mentor adalah seseorang yang memiliki keahlian yang akan membantu anda menyusun bisnis anda dan menghindari beberapa kesalahan yang jelas. 

  • TIDAK MEMULAI
Kesalahan terbesar utama setiap freelancer pemula adalah tidak memulai. Mengambil risiko untuk membuat impian bisnis anda menjadi kenyataan. Setengah dari semua freelancer mangatakan mereka tidak akan berhenti bekerja lepas untuk sejumlah uang.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu