Skip to main content

7 Masalah Terbesar Dihadapi Freelancer

Freelance adalah adalah seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada majikan jangka panjang tertentu. Freelance menjadi model bisnis yang populer bagi mereka menjual layanan atau keahlian. Bahkan, pekerja Indonesia melakukan beberapa pekerjaan freelance di tahun 2015 dan meningkat di tahun 2016. Ini membuktikan bahwa kerja lepas adalah cara yang bagus untuk menambah atau menjadi pengganti penghasilan saat ini. Kami percaya bahwa pekerjaan freelance adalah jenis bisnis yang paling mudah untuk dimulai dan dapat menjadi usaha yang menguntungkan bagi siapa saja dengan layanan atau keahlian jika mereka menggunakan strategi yang tepat untuk memulai. 

Lalu kenapa banyak orang suka model bisnis lepas? Itu karena;
  • Anda tidak perlu banyak modal untuk memulai
  • Anda bisa memulai dengan segera
  • Anda dapat bekerja di banyak tempat dalam satu hari
  • Anda dapat meningkatkan kekuatan dan memasarkan layanan
  • Anda dapat memperoleh penghasilan yang banyak dan memiliki kebebasan gaya hidup
  • Anda dapat membangun karier dan membangun bisnis dari menawarkan layanan freelance anda.

Diatas semua itu, banyak orang suka model bisnis freelance karena fleksibilitas untuk pertumbuhan usaha. Jika anda mengambil waktu untuk memulai usaha dengan benar, anda bisa mendapatkan penghasilan bersifat pasif.

Setengah dari semua freelance mengatakan mereka tidak akan berhenti kerja lepas untuk sejumlah uang.

Hal ini menunjukkan bahwa freelancer menyukai fleksibilitas, pendapatan, dan gaya hidup. Sambil mendapatkan penghasilan juga bisa bekerja dari rumah dan darimana saja. Itu adalah sebuah kemewahan yang dimimpian banyak orang.

Freelance adalah pilihan bagus untuk mereka yang mencari kebebasan ekstra.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang kerja lepas dan untuk menghindari masalah-masalah umum yang dihadapi oleh freelancer, berikut dibawah ini 7 masalah terbesar yang dijumpai pekerja lepas;

Masalah Umum yang Dihadapi Freelancer
Ada cara SMART dan cara KERAS untuk mencapai kesuksesan sejati sebagai freelancer. Masalah-malasah ini dapat menghambat keberhasilan anda freelancer harus menyadari ini sebagai perangkap umum sebelum memulai bisnis. 

  • MASALAH #1 - TIDAK MEMBERIKAN LAYANAN YANG LAYAK

Begitu banyak freelancer menawarkan layanan yang luar biasa tapi bukannya bersaing pada nilai yang mereka tambahkan, tapi lebih fokus pada harga terlalu murah atau terlalu murah. Padahal akan sangat baik bersaing pada nilai, menjelaskan kepada klien persis tentang masalahnya dan bagaiana memecahkan atau mengatasi masalah klien itu.

Apa Masalah Yang Anda Pecahkan?
Jika anda tidak dapat menjawab ini, anda mungkin merasa sulit untuk bersing pada nilai atas harga. 

  • MASALAH #2 - TIDAK MEMILIKI STRATEGI PERTUMBUHAN BISNIS

Banyak freelancer memulai usaha dengan keahlian tanpa strategi di balik yang mereka capai. Meskipun strategi bukan hanya satu-satunya rencana top bisnis, freelancer perlu tahu apa yang mereka inginkan dari karir kerja lepas.

Freelancer dapat mematahkan pertumbuhan bisnis mereka ke dalam tiga tahap yang berbeda;
Start (Mulai) :
  • Rencana Jangaka Pendek
  • Memperbaiki Penawaran Layanan
  • Mendapatkan Klien
  • Membangun Jaringan

Build (Membangun)
  • Rencana Jangka Menengah
  • Memperbaiki Proses
  • Menjadi Ahli

Expand (Memperluas)
  • Rencana Keberhasilan Jangka Panjang
  • Memasang Iklan
  • Menciptakan Penghasilan Pasif

Tanpa strategi, freelance akan menemukan diri mereka bekerja dengan kurangnya arah. Memiliki struktur ini akan membantu anda mendapatkan hasil maksimal dari waktu anda memungkinkan anda untuk memahami apa yang perlu anda lakukan untuk mengembangkan bisnis anda di pasar yang tepat.

  • MASALAH #3 - TIDAK MENGKHUSUSKAN PENAWARAN JASA KHUSUS

Menjadi seorang spesialis dalam bidang tertentu adalah keuntungan besar bagi freelancer. Misalnya menawarkan layanan mereka sebagai : desain logo, desain website, web berkembang, desain t-shirt dll

Sebagai freelancer anda tidak dapat mengambil setiap pekerjaan jadi mengapa tidak memilih salah satu layanan dan tetap dengan itu?

Dari perspektif freelancer memiliki satu layanan penawaran dapat membuat hidup anda jauh lebih mudah dan sering memungkinkan anda untuk menghemat waktu saat memberikan layanan mereka karena anda akan sudah memiiki template atau contoh pekerjaan sebelumnya yang dapat membantu menyelesaikan proyek.

  • MASALAH #4 - TIDAK FOKUS PADA HAL BAIK

Pada berbagai tahap dalam bisnis, anda perlu fokus pada hal-hal yang berbeda untuk pertumbujan bisnis untuk menghindari kelelahan.

Contoh fokus yang berbeda untuk tahap bisnis anda meliputi;
  • Memulai bisnis - fokus pada memvalidasi ide bisnis anda dan memastikan anda memiliki klien bersedia membayar untuk layanan anda
  • Fase Pertumbuhan - Fokus pada membangun klien yang konsisten 
  • dan meningkatkan keahlian dalam industri
  • Menyempurkan Proses - Fokus pada otomatisasi dan proses untuk mendapatkan output maksimum untuk waktu anda
  • Pemasaran - Fokus pada kegiatan pemasaran yang benar-benar mendapatkan hasil.
  • Pertumbuhan Jangka Panjang - Kebanyakan freelance memiliki kemampuan untuk membangun solusi penghasilan bersifat pasif dengan memanfaatkan basis klien anda misalnya pelatihan online, layanan paket, layanan yang sedang berlangsung dll.


  • Masalah #5 - PENEMPATAN POSISI LAYANAN DI PASAR YANG SALAH

Menemukan pasat yang tepat untuk layanan anda dapat membuat atau menghancurkan bisnis freelancer. Terlalu sering freelancer jatuh ke dalam perangkap dan berpikir bahwa memiliki layanan yang banyak orang inginkan adalah salah satunya cara mendapatkan klien. Namun, jika pasar sangat besar itu berarti ada banyak kompetisi dan individu freelancer akan berjuang untuk mendapatkan transaksi apapun.

Daripada memilih pasar terbesar, freelancer harus;
  • Pikirkan tentang beberapa banyak klien/proyek yang mereka butuhkan  dalam satu tahun - Sebagai contoh, mendapatkan sekitar 15 klien per tahun untuk memperoleh pendapatan sehingga tidak masuk akal menargetkan pasar yang besar. Mungkin lebih mudah untuk niche kebawah .
  • Siapa yang memiliki anda yang memecahkan - Target sekelompok orang tertentu dipasar yang memiliki masalah yang bisa anda pecahkan. Dengan begitu klien-klien ini akan mendapatkan nilai lebih dari layanan anda dan lebih cenderung klien akan datang kembali dan bahkan merekomendasikan untuk jaringan mereka.


  • MASALAH # 6 - TIDAK MEMILIKI PERJAJIAN TERTULIS

Sebuah perjanjian kerja tertulis sangat penting. Sebuah perjanian tertulis tidak hanya melindungi freelancer tetapi juga memberikan klien satu set harapan untuk layanan yang disediakan dan juga menunjukkan tingkat profesionalisme dengan freelancer.

Perjanjian mencakup secara jelas;
  • Menguraikan harapan untuk pekerja lepas dan harapan klien
  • Detail biaya proyek dan cara pembayaran
  • Rincian lingkup proyek


  • MASALAH #7 - TIDAK MEMULAI

Ini mungkin terdengar jelas, tetapi cara terbaik untuk memulai sebagai freelancer adalah untuk menempatkan layanan anda diluar sana. Beberapa klien pertama anda membantu anda memvalidasi ide anda dan membantu anda dan orang tersebut bersedia membayar. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu