Skip to main content

5 Pelajaran Didapatkan Sales (Tenaga Penjualan) dari Olimpiade Rio 2016

Dunia olahraga selalu menjadi sumber inspirasi bagi orang-orang dalam bisnis. Meskipun olympians menjadi lebih besar dari ikon kehidupan, mereka yang berada di dunia penjualan dan pangsa bisnis memiliki banyak kesamaan dengan kedudukan tertinggi atlet, termasuk kerja keras, keuletan, dan dedikasi.

Persaingan yang sengit dan paling keras menjadi yang teratas.Dalam setiap diri para atlet yang berjuang untuk mendapatkan medali telah bekerja keras sebelum akhirnya bertanding. Seorang sales juga demikian, untuk menghasilkan penjualan banyak tentu telah mempersiapkan diri dengan pengetahuan tentang produk dan layanan yang akan ditawarkan pada pelanggan. 

Jika anda adalah orang yang suka menonton setiap pertandingan dalam olahraga olimpiade rio 2016, maka itu sama dengan setiap perjuangan anda dalam menjalankan bisnis anda saat ini. Kerja keras, keuletan, tanggung jawab dan tidak mudah goyah.

Ok, ada begitu banyak yang dapat kita pelajari tentang penjualan dari Olimpiade Rio 2016. Berikut adalah lima pelajaran dari permainan yang kita dapat terapkan dalam penjualan dan bisnis;

  • Berjuang Untuk Menang, Bukan untuk Menghindari Kehilangan

Ada banyak negara di Olimpiade yang tidak bisa mengirim banyak para atlet mereka sebagai calon pemenang medali emas. Termasuk indonesia, kita berharap membawa pulang setidaknya beberapa emas, tetapi ada negara yang bahkan tidak dapat mengirim sepuluh atlet karena banyak tantangan.

Namun, setiap empat tahun, negara-negara ini berjuang untuk mengirimkan sebanyak mungkin atlet mereka berjuang. Dan misi mereka tidak berakhir disana: mendapatkan medali.

Salah satu negara adalah Filipina. Mereka telah secara konsisten mengirim atlet di Olimpiade tetapi belum memenangkan medali sejak tahun 1996. Tahun ini, mereka akhirnya meraih medali perak di ajang angkat besi 48 kg Perempuan.

Tantangan bukanlah hal baru bagi orang di bidang penjualan. Seperti pengalaman banyak negara yang lebih kecil berjuang untuk sukses di Olimpiade, ketahanan dan ketabahan adalah kunci. Wiraniaga harus tahu bagaimana untuk berpesta penolakan dan membuatnya menjadi bahan bakar penyemangat.

Salah satu rintangan terbesar seorang sales adalah frustasi. Yang mengacaukan suasana hati dan akhirnya bisa mempengaruhi produktivitas mereka.

Jika ada satu hal Olimpiade ajarkan pada kita, itu adalah bahwa kita harus selalu ingin menang dan mendapatkan YA  dan menghindari NO.

Seorang sales perlu mengambil pola pikir para atlet, yaitu pola pikir menang dan bertujuan untuk terus meningkatkan penjualan setiap waktu.

  • Potensi Memenangkan Lotre 

Siapa yang belum mendengar tentang Simone Biles? Pesenam Olimpiade dari AS mendapatkan empat medali emas dan perunggu.

Perjalanan Simone, seperti banyak Olympians; dimulai dari masa kecil. Dia ditemukan oleh perlatih Olimpiade selama perjalana kelapangan sekolah ketika dia masih kecil dan melatihnya secara agresif menjadi juara sekarang.

Dalam penjualan, salah satu komponen paling penting untuk keberhasilan adalah mempekerjakan orang tepat.

Perusahaan kehilangan banyak sumber daya melalui keluarnya karyawan/ atau tidak kompeten. Karena pengalaman ini dialami bersama oleh banyak perusahaan di industri yang berbeda; ada kecendrungan untuk menyewa tenaga penjual yang paling berpengalaman dari tumpukan pelamar. 

Kisah Olimpiade Simone Biles 'mengajarkan kita bahwa hal itu sama penting untuk dapat melihat potensi seperti itu adalah untuk memilih orang-orang yang sudah di antara yang terbaik. Tenaga sales atau penjualan harus selalu terbuka untuk pelatihan individu yang menjanjikan bahkan jika kedua bakat dan keterampilan masih perlu dipoles.

  • Menggali dan Mempelajari Lebih Dalam Pesaing Anda

Dalam penjualan menjaga pesaing tidak bisa menjadi pekerjaan pemalas. Apakah anda puas dengan hanya memeriksa media sosial mereka ketika anda kebetulan ingat?

Mengambil pelaharan dari Sam Webster, Kiwi Olympian Endearingly disebut sebagai Wiki karena kebiaasaannya secara ekslusif meneliti setiap kompetisi yang akan dihadapinya. Direktur berkata, "Dia mengerti dengan siapa dia bersaing. Anda harus mengerti siapa Anda lawan. "

Dan bukankah itu sama dalam bisnis dan penjualan khususnya?

Pesaing anda lapar untuk pelanggan sebanyak-banyaknya. Meskipun anda memberikan yang terbaik meningkatkan proses internal anda, cara anda menghasilkan lead dan pejualan, anda harus mencurahkan waktu dan energi untuk menjaga pesaing anda.

  • Meningkatkan Keahlian! Mengkhususnya

Ratusan peristiwa di Olimpiade. Seorang atlet bisa sampai ke tingkat sekarang karena mereka mempuanyai kekuatan dan terus mendorong. Negara-negara seperti Jepang membidik medali dari Judo, karena negara mereka secara budaya cenderung dan di mana mereka bisa unggul. Strategi ini telah bekerja untuk negara-negara seperti ini dan itu sesuatu yang perlu dilakukan dalam penjualan juga.

Apa yang anda kuasai? 

Hal ini juga sama pentingnya untuk tim penjualan untuk melihat spesialisasi peran sedini mungkin. Sementara semua orang harus memiliki dasar keterampilan, memiliki keahlian untuk setiap tahap proses penjualan menjamin bahwa anda memiliki tim pemenang. Jika seseorang hebat mendapatkan pembeli potensial dalam demo, artinya harus menjadi fokusnya. 

  • Pelatihan Konstan adalah Kemenangan Konstan

Kabar positif terbesar dalam Olimpiade Rio 2016 adalah menjalan tugas perpisahan sukses dari superstar Olimpiade Michael Phelps (AS) dan Usain Bolt (Jamaika). Keduanya telah mengatakan bahwa ini akan menjadi balapan terakhir mereka untuk medali Olimpiade. Phelps dan Bolt, masing-masing telah terus berkompetisi pada tingkat yang sangat tinggi sepanjang karier mereka. 

Apakah yang membuat Phelps dan Bolt terpisah dari orang-orang yang jatuh dan terbakar? Mereka terus berlatih, terus mendapatkan yang lebih baik, dan terus merawat tubuh mereka.

Hal yang sama dapat dikatakan untuk tenaga penjualan. Ada banyak veteran yang letih yang terjebak dalam masa tua, latihan kurang efektif.

Apa kuncinya disini? Seperti Phelps dan Bolt, harus ada pengakuan perubahan konteks itu.

Perubahan kompetisi. Perubahan Industri. Pelatihan konstan dan pelatihan berulang-ulang tidak hanya untuk pemain muda. Jika anda ingin terus menang, anda harus terus-menerus beradaptasi.

Sama seperti atlet Olimpiade Rio 2016 terdorong untuk menang di acara setiap hari, penjual masuk dan keluar, berjuang untuk memenangkan setiap prospek. Ini penting bagi sales untuk selalu waspada untuk pelajaran yang dapat diterapkan untuk profesi kita.

Apa yang bisa anda dapatkan dari Olimpiade Rio 2016?

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu