Skip to main content

26 Cara Menjadi Pengusaha Muda Sukses

Pengusaha muda sukses adalah seseorang yang berhasil memulai usaha hingga memberikan keuntungan baginya dan banyak orang dalam umur yang masih muda. Sehingga wajar saja, banyak anak muda sekarang berpikir untuk membuka sebuah bisnis kecil-kecilan. Kemudian, mereka pun mencari cara menjadi pengusaha muda yang sukses. Iya, banyak cara yang dapat dilakukan. Mulai meniru apa yang dilakukan oleh para pengusaha yang telah duluan berhasil. Menjadi seorang pengusaha dan mampu menjalankan bisnis yang Anda inginkan memang sangat membanggakan. Apalagi kalau bisnis yang Anda jalani tersebut mampu sukses besar dan memberikan keuntungan berlimpah.

Tapi! Iya, untuk meraih sesuatu hingga ke puncak tidak semudah dibayangkan. Untuk mearih kesuksesan di dunia wirausaha tidaklah mudah, perlu ketekunan, kedisipilinan diri serta kerja ekstra demi menggapai hasil yang diharapkan. Apapun bidang bisnis yang anda pilih, menjalankan karir sebagai wirausaha tidak akan luput dari tantangan. Banyak rintangan dan halangan yang akan dihadapi, yang pastinya akan menguras tenaga, emosi, serta finansial yang harus ditaggung. 

Memang tips-tips yang diberikan oleh para pengusaha sebelumnya untuk menjadi sukses sangat penting. Namun, kita harus sadar bahwa tidak selamanya yang mereka lakukan waktu itu belum tentu bisa dipraktekan jaman sekarang. Mark Zuckerberg pelopor Facebook, Larry Page penemu Google, atau bahkan Evan Spiegel pendiri Snapchat merupakan contoh dari segelintir anak muda yang dapat meraih kesuksesan dalam berbisnis. Sedangkan dalam Negeri juga sudah banyak anak muda yang sukses diantaranya Hamzah Izzulhaq Yasa Singgih, Gazan Azka, Rico Huang dll

Kesuksesan adalah keadaan mampu memenuhi semua tujan, cita-cita, dan impian. kesuksesan yang sempurna adalah ketika diri mampu menyeimbangkan antara kesuksesan dunia dan akhirat. Karena beberapa faktor dan kendala, tidak senua bidang usaha yang kita geluti selalu berhasil, bahkan, ada keberhasilan yang hanya bertahan sebentar, keuntungan untuk memiliki bisnis besar harus datang dari diri sendiri. keputusan untuk berwirausaha bukanlah hasil dari paksaan atau bakat. Ada keinginan besar dalam diri untuk berwirausaha dan memotivasi diri supaya lebih serius. Cara berBisnis yang diterapkan oleh remaja memang harus diterapkan, meskipun masih labil, justru mereka memiliki keberanian yang kuat.

Berikut adalah tips-tips yang dapat anda tiru untuk dilakukan bagaimana cara menjadi pengusaha muda sukses ;
  1. Tulis daan Visualisasikan semua impian anda - Buat daftar tentang impian impian anda, tentu akan sangat baik jika anda membubuhkan detail, hari, tanggal, bulan dan tahun, tujuannya adalah membantu anda menciptakan target sehingga anda termotivasi lebiuh giat membangun bisnis.
  2. Masuklah komunitas-komunitas pengusaha - Cobalah menambah pergaulan kedunia pengusaha. Dengan ikut dalam organisasi-organisasi atau komunitas entrepreneur. Untuk lebih banyak belajar, bagaimana cara memulai, belajar dari pengalaman mereka.
  3. Kenali dan Geluti setiap detail bisnis anda
  4. Kuatkan niat dan siapkan diri
  5. Berdoa dan ingat tujuan awal
  6. Semangat - Ketika Anda mengalami kegagalan, maka Anda akan mengalami kesulitan untuk bangkit dari kegagalan tersebut. Sebaliknya, jika Anda memiliki semangat yang kuat segagal apapun kegagalan tersebut, Anda akan bangkit dan melangkah terus.
  7. Delegasikan Hal – Hal kecil
  8. Rela Kehilangan Masa Muda
  9. Berani Mengambil Kegagalan dan Resiko
  10. Berbisnis Dengan Hobi
  11. Berinovasi dan Beradaptasi Terhadap Perkembangan Zaman
  12. Fokus
  13. Percaya Diri walau sering diremehkan orang-orang di sekeliling
  14. Bisa beradapatasi dengan cepat
  15. Miliki Sifat Keuletan
  16. Bekerja Keras
  17. Investasikan Uang Anda
  18. Mempekerjakan Orang Yang Tepat
  19. Mendengarkan Pendapat Orang Lain
  20. Membagi Waktu dengan Baik
  21. Memiliki Keuletan besar, walaupun gagal berkali-kali akan tetap bangkit
  22. Memiliki rasa ingin yang besar
  23. Selalu tertantang dengan mencari tantangan baru
  24. Menyukai persaingan untuk membuktikan kemampuan
  25. Mempunyai Ide-ide yang sulit ditebak
  26. Selalu berlapang untuk menerima masukan baru
Pengusaha adalah tipe orang yang suka minta maaf karena harus melakukan sesuatu daripada minta izin sebelum memulai apa-apa. Sangat penting bagi pengusaha untuk mendapat umpan balik, kritik, dan saran demi kemajuan usahanya. Mau mendengarkan orang lain akan membuat seorang pengusaha mengerti hal-hal yang tadinya bahkan tak ia pikirkan. Pengusaha adalah orang yang tidak akan segan menunjukkan sikap siap bersaingnya. Kalau belum mencapai kesuksesan yang sesuai dengan definisinya, dia tidak akan lepas tangan, mengambil cuti, kabur tiba-tiba, lalu berlibur. Pengusaha mudah merasa gelisah, namun dalam artian yang positif. Dia mudah resah ketika melihat masyarakat gak bisa bekerja dengan efektif. Pengusaha juga penasaran bagaimana reaksi pasar terhadap solusi yang ia tawarkan. Rasa penasaran membantu pengusaha untuk berinovasi, menemukan strategi baru, dan menjemput kesuksesan dengan cara yang unik. Banyak pengusaha yang gagal karena mereka gak mampu bertahan menghadapi tantangan dalam mendirikan usahanya. So jadilah orang yang ulet.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu