Skip to main content

10 CARA UNTUK TETAP PRODUKTIF SAAT BEKERJA DARI RUMAH

Saya suka bekerja dari rumah. Mungkin begitu juga dengan anda! Hal ini memungkin kita dapat bangun dan langsung ke tempat kerja tanpa harus mandi, ganti baju untuk bekerja dan menghabiskan satu jam atau lebih di depan komputer. Bagian besar lainnya terutama bagi orang yang sulit dengan pagi hari. Dimana kebanyakan orang pergi bekerja jam 7 pagi. Bekerja dari rumah bisa menjadi pengalaman yang hebat memberikan kita kebebasan utama dan stabilitas untuk hidup, tetapi memang sisi negatifnya ada yaitu jadi malas di pagi hari hingga menjadi produktif. 

Maka tentu kita harus memiliki disiplin dan dorongan untuk menghindari godaan. Hal pertama yang harus diingat sebagai pemilik bisnis kecil adalah melakukan apa yang menghasilkan uang untuk memastikan kita dapat bertahankan bisnis dengan aliran kas. 

Nah, berikut adalah beberapa cara untuk membuat tetap produktifitas saat bekerja dari rumah;
10 CARA UNTUK TETAP PRODUKTIF SAAT BEKERJA DARI RUMAH
  • Jangan Membuat Banyak Daftar Pekerjaan Prioritas
Pada akhir setiap hari, pastinya anda membuat daftar prioritas untuk hari berikutnya. Memang itu dipergunakan agar pekerjaan terencana. Tapi terkadang daftar panjang itu sering membuat kita merasa kewalahan dan kecewa ketika tidak bisa memenuhi tujuan itu. Membuat 3 tugas dalam daftar urutan prioritas setiap hari sudah cukup. Jadi ketika pekerjaan ini telah selesai, maka pekerjaan lain bisa dimulai. Metode ini dapat membuat anda tetap produktif tanpa jatuh dalam kebiasaan kekecewaan sebagai akibat dari tidak mampu mencapai tujuan harian.

  • Bangun Pagi Hari adalah Keuntungan Besar
Jika anda melihat kebiasaan orang sukses dan para miliarder, mereka orang yang suka bangun dipagi hari. Karena pagi hari adalah hari yang sangat cocok untuk tetap produktif bekerja dalam menyelesaikan sebagian besar pekerjaan. Manfaat lain dari mulai bekerja awal adalah anda memiliki masa kerja tidak terganggu sampai jam 9. Karena jarang orang mendapatkan email dan panggilan telepon pada pukul 6 pagi memberi pekerjaan yang harus dikerjakan.

  • Memiliki Ruang Kerja Khusus
Ruang kerja bagi anda tidak perlu yang besar, atau istimewa. tapi setidaknya anda perlu ruang kerja khusus dan rapi memungkin anda untuk duduk dan bukan memulai pekerjaan tanpa harus membersihkan meja dapur untuk laptop. Dengan memiliki ruang kerja khusus, anda bisa duduk bekerja tanpa terganggu oleh pekerjaan rumah tangga.

  • Keluar dan Lakukan Hal Lainnya
Ketika anda bekerja dari rumah, anda harus pergi keluar dan melakukan hal-hal lain untuk memastikan anda berinteraksi dengan orang lain. Jika anda tidak melakukan upaya untuk melakukan hal-hal yang anda suka, maka anda sulit menjaga motivasi anda

  • Jangan Berpakaian Piyama Saat Bekerja
Memang bekerja dari rumah itu memungkinkan anda bekerja pakai piyama. Tapi sebenarnya itu salah, karena malah membuat anda tidak produktif. Jadi mungkin lebih baik memakai pakaian yang lain, seperti pakaian kasual seperti t-shirt dan celana pendek yang akan memiliki kesempatan lebih besar mengerjakan pekerjaan anda. 

  • Membuat SOP
Ketika anda bekerja dari rumah sering kali sulit untuk mengatur batas-batas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Jadi walaupun bekerja dari rumah dan bekerja sendirian, perlu juga sebuah aturan, misalnya tidak menjawab panggilan dan email selama jam kerja untuk memastikan keseimbangan hidup dan kerja.

  • Matikan Telepon Bila Mempunyai Pekerjaan Penting
Saat punya pekerjaan yang sangat penting atau deadlines, sebaiknya mematikan telepon anda dan berkonsentrasi pada prioritas anda, maka anda akan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan memanggil klien anda ketika sudah selesai

  • Track Waktu ANda
Penting untuk melacak jumlah jam yang anda lakukan dalam satu hari dan berapa tugas yang selesai. Hal ini mungkin tampak seperti buang-buang waktu tetapi itu bermanfaat untuk sejumlah alasan 1) Itu membuat anda bertanggung jawab pada waktu anda, 2) Anda bisa melihat bagaimana anda menghabiskan waktu, 3) Itu membuat lebih mudah mengutip pada pekerjaan anda berikutnya karena anda dapat melihat waktu yang dibutuhkan untuk tuas-tugas tertentu.

  • Menghargai Betapa Beruntungnya Anda
Kita semua yakin semua orang yang bekerja sendiri telah bekerja keras untuk memiliki kebebasan untuk bekerja dari rumah. Ingatkan terus diri anda betapa beruntungnya anda bekerja dari rumah dengan kebebasan, fleksibilitas dan stabilitas untuk hidup anda

Kesimpulan
Yang paling penting sebagai pemilik usaha kecil adalah melakukan apa yang membuat Anda menghasilkan uang dan menemukan cara untuk menjaga produktif.

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu