Skip to main content

19 Tips Bisnis Untuk Setiap Pengusaha yang Harus Diketahui

Para pendiri dan pemilik usaha kecil memiliki masalah besar adalah mereka ahli dibidangnya dan pemula betul-betul membutuhkan untuk secara efektif menjalankan bisnis. Salah satu cara yang banyak dilakukan olehs seseorang untuk meraihnya kesuksesan adalah dengan memulai bisnis. Untuk sukses memulai bisnis tidak selalu berjalan lancar, diperlukan beberapa keahlian dan langkah yang harus dilakukan dengan benar. Itulah biasanya yang ada dalam perjalan mereka, cepat atau lambat. Jangan biarkan hal itu terjadi pada anda. Mengatakan bahwa anda tidak tahu tentang sebuah usaha. Berikut dibawah 15 tips untuk membantu menjaga perusahaan dari masalah besar. 
  • Selalu Pastikan Memiliki Cukup Uang di Bank - Modus yang menyebabkan kegagalan dalam bisnis pada umumnya adalah karena kehabisan uang tunai. Jika anda tahu punya masalah arus kas dan masalah likuiditas, sebaiknya segera memperbaikinya sekarang.
  • Fokus pada satu peluang bisnis - Dengan kamu fokus pada satu peluang, maka seluruh ide dan pikiran kamu untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah. Hal ini akan memudahkan kamu dalam mengeksekusi semua ide-ide tersebut. Mengurus satu bisnis saja sudah sulit, apalagi kalau banyak.
  • Anda Tidak Dapat Memecat Karyawan yang Buruk dengan Cepat - Anda seharusnya sebelum memecat, untuk memastikan mengetahui masalah mereka
  • Masalah Mungkin Pada Anda (Pemilik Usaha)  Ketika anda adalah seorang bos atau manajer muda, sangat baik jika anda mengirimkan manajer tersebut minimal sekali seminggu untuk mengikuti pelatihan berkualitas misalnya masalah manajemen. 
  • Menjaga Karyawan terbaik Anda Ini berlaku untuk setiap perusahaan, besar dan kecil. Biaya kehilangan seorang karyawan bintang atau terbaik sangat besar, namun para pemimpin bisnis jarang meluangkan waktu untuk memastikan performer mereka termotivasi dengan baik, seperti konspensasi.
    15 Tips Bisnis Untuk Setiap Pengusaha yang Harus Diketahui
  • Karyawan Anda Bukan Anak-anak Anda, Asisten Pribadi - Jika anda menggunakan dan menyalahgunakan mereka seperti itu. Yakinlah anda akan menyesalinya.
  • Belajarlah untuk Berkata "ya" dan "tidak"Dua kata yang paling penting dimiliki pemilik bisnis adalah ya dan tidak. Belajarlah untuk fokus dan mengatakan yang sebenarnya. Kalau ya dan tidak.
  • Mendengarkan Pelanggan Anda - Jangan meremehkan pelanggan anda, masukan dari mereka penting untuk dipelajari dan bisa menjadi informasi berharga untuk kemajuan perusahaan anda.
  • Jauhkan Nepotisme - Bagaimana anda menjalankan sebuah organisasi dengan mengakui kesalahan, memberikan penghargaan, dan konpensasi bagi yang punya kemampuan dan jangan menggunakan gaya nepotisme
  • Tahu Kapan dan Tidak TransparanTransparansi bisa merugikan jika tidak tahu kapan waktunya. Ada saatnya untuk dibagi secara terbuka. Anda perlu tahu kapan dan dengan siapa berbicara.
  • Percaya Pada Keputusan - Anda harus percaya pada naluri sendiri, sebagai orang pengambil keputusan yang sangat berharga.
  • Melindungi dan Mempertahankan Kekayaan Intelektual Anda - Sebagian besar dari Anda tidak tahu perbedaan antara hak cipta, merek dagang, rahasia dagang, dan paten. Itu tidak dapat diterima. Oleh karena itu diperlukan untuk bisa membela hak anda atau anda akan kehilangan semuanya
  • Belajar Membaca dan Menulis Perjanjian Efektif sangat penting agar tidak tertipu saat membina hubungan bisnis dengan banyak orang atau perusahaan lain 
  • Menjalankan bisnis seperti bisnis - Terlalu banyak pengusaha menjalankan bisnis mereka seperti perpanjangan dari keuangan pribadi mereka. Itu ide yang buruk. Membangun entitas bisnis yang tepat dan tetap terpisah dari kehidupan pribadi Anda.
  • Tahu Keuangan di Dalam dan Luar - jika anda tidak tahu pendapatan anda, biaya, modal, keuntungan kotor dan bersih, utang, arus kas dan tarif pajak berarti itu masalah besar.
  • Anda tidak tahu apa yang anda tidak tahu - Kerendahan hati adalah sifat yang kuat bagi para pemimpin, dan itu berlaku untuk pemilik bisnis baru. Anda akan menemui penyesalan jika anda berpikir tahu semua jawaban.
  • Hiduplah dengan sederhana - Hiduplah dengan pandangan bahwa kamu adalah pemula yang membutuhkan uang untuk sukses. Dengan begitu, kamu akan lebih menikmati proses menuju sukses dan segala hal yang kamu impikan itu akan datang pada saatnya nanti.
  • Buktikan dengan tindakan, bukan dengan kata-kata - Buktikan yang kamu bisa lakukan melalui tindakan, bukan melalui kata-kata, karena dengan kamu bertindak, orang akan lebih bisa menilai hasil kerjamu.
  • Selalu mau belajar dari orang lain - Tidak ada orang yang mengetahui segala hal, maka itu sangatlah penting untuk bersikap terbuka pada pandangan atau pemikiran orang lain. Dengan berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman, atau orang sukses lainnya, kamu dapat mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilakukannya. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu