Skip to main content

Inilah 5 Alasan Mengapa Bisnis Startup (Pemula) Gagal Perlu Diperhatikan

Bisnis Startups - Menurut Wikipedia, Startup merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Perusahaan-perusahaan ini, umumnya baru dibuat, berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk pasar. Memulai bisnis hanya setengah permainan, apa yang terjadi pada bisnis setelah dimulai adalah lebih penting. Ada banyak alasan mengapa startups gagal dan beberapa dapat diperbaiki dan beberapa tidak bisa. Apakah anda memiliki startup yang tidak seperti yang anda inginkan? Posting ini akan menjelaskan 5 alasan banyak startups gagal:

  • Tidak Melakukan Penelitian Yang Tepat
Alasan #1 mengapa kebanyakan pemula gagal adalah karena kurangnya penelitian yang benar. Banyak pengusaha memuai bisnis tanpa ide dan mereka berpikir usaha itu dapat berhasil berdasarkan perkiraan. Hal ini sangat penting untuk melakukan penelitian yang benar sebelum anda memulai bisnis kamu karena ini akan memastikan bahwa anda memahami usaha kamu dan apa yang tepat dilakukan pada ide itu.

  • Tidak ada Pendanaan (Modal Usaha) yang Tepat
Alasan #2 Kesalahan lain yang merugikan banyak orang ketika memulai sebuah usaha adalah tidak memiliki rencana pembiyaan yang jelas untuk bisnis mereka. Bisnis anda membutuhkan dana yang cukup besar, anda harus membeli hal-hal baru yang dibutuhkan untuk usaha, belum lagi kalau anda harus mempekerjakan staf dan anda harus terus meningkatkan usaha anda. Lebih dari 80 % masalah dalam usaha harus dilakukan dengan uang dan itu bisa sangat merugikan memulai bisnis tanpa pembiyaan yang tepat.

  • Tidak ada Rencana Pemasaran yang Tepat
Alasan #3 ketika anda memulai bisnis tanpa memiliki rencana pemasaran/ strategi di tempat, anda harus tahu bahwa anda sama saja menggali makam bisnis. Setiap startup harus memiliki rencana pemasaran dan jika mungkin anda harus menyewa seorang profesional.
bisnis pemula, bisnis startups

  • Tidak ada Kepedulian Pada Pelanggan
Alasan #4 adalah banyak kegagalan bisnis dimulai dengan kesalahan dalam aspek layanan pelanggan dari perusahaan. Jangan hanya berpikir apa yang paling penting bagi keberhasilan usaha anda adalah ide yang inovatif dan pemasaran yang tepat, memiliki perhatian besar untuk pelanggan anda adalah sangat penting.

Bisnis terbaik dapat menjadi yang terburuk dengan kurangnya dukungan pelanggan dan usaha terburuk bisa menjadi yang terbaik dengan dukungan pelanggan yang besar. Memiliki pemahaman yang lebih baik dari pelanggan anda, biarkan mereka tahu bahwa anda peduli tentang mereka dan anda takjub melihat betapa besar bisnis anda berjalan.

  • Tidak Mempunyai Visi 
Alasan #5 dimana kesalahan ini sangat mematikan yang kebanyakan dibuat orang dan mungkin dengan biaya puluhan juta sebelum mengetahuinya. Hal ini sangat penting untuk mengetahui di mana anda sebelum pernah memulai bisnis anda karena ini akan menjadi sebuah perjalanan untuk mencapai tujuan anda.

Banyak pemula yang gagal karena mereka tidak tahu di mana mereka (apa yang mereka kerjakan dan tujuannya) sehingga mereka mudah teralihkan. Jika anda tahu di mana anda akan memulai dan bagaimana untuk menjalankannya, tidak ada pilihan lain selain berhasil.

Kesimpulan:
Beberapa kesalahan tidak dapat dihindari dan beberapa bisa dihindari, di atas adalah 5 kesalahan mematikan yang membuat startup anda pasti akan gagal. Lihatlah bisnis anda dan melihat apa yang anda lakukan salah, lalu membuat perubahan sebelum terlambat.

  

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu