Skip to main content

Bisnis Online Gagal ..! Baca Penyebanya Disini, Sekarang Juga

Bisnis Online Gagal! Baca Penyebanya Disini, Sekarang JugaBisnis adalah suatu usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh kelompok maupun individual untuk mendapatkan laba dengan cara memproduksi produk maupun jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sedangkan online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan melalui internet untuk menghasilkan uang. Bisnis online adalah usaha yang dikerjakan via internet mulai dimana pembeli hanya dapat melihat gambar produk yang dijual dan pemesanan secara online. Memulai usaha online bisa dilakukan melalui beberapa cara. Misalnya Via media sosial (Facebook, Twitter, Instagram dll), blog dan website (toko online). 

Pemerintah beberapa tahun terakhir ini benar-benar mendorong para pemuda/pemudi Indonesia untuk menjadi pebisnis. Mengingat jumlah entrepreneur di Indonesia tergolong sedikit dibandingkan dengan Singapura. Tapi akibat perkembangan teknologi internet, jumlah pengusaha sudah semakin meningkat. Para pengusaha-pengusaha baru pun bermunculan, bahkan banyak dari mereka sukses di bisnis online. 

Banyaknya toko online bermunculan tentu karena didorong beberapa hal. Diantaranya karena produk atau jasa yang ditawarkan semakin banyak peminatnya dari tahun ke tahun. Kesibukan yang bertambah ditengah-tengah masyarakat di dunia ini membuat mereka lebih memilih belanja secara online. Selain itu ketakutan-ketakutan akan kena tipu sudah berkurang, melihat pelaku bisnis online pun terus meningkatkan kenyamanan dan keamanan dalam berbelanja ditokonya.
bisnis gagal, bisnis online gagal, penyebab usaha gagal, toko online

Memang dibandingkan beberapa tahun yang lalu, tahun terakhir ini usaha kecil dengan modal kecil pun bermunculan. Bukan hanya muncul, banyak juga yang sukses besar. Iya, memang tak semua berhasil ada juga yang mengalami kegagalan ditahun pertama. Ada banyak faktor yang menyebabkan para pengusaha gagal mendapatkan kesuksesan. Karena pada dasarnya usaha online itu tidak mudah dijalankan, butuh kerja keras, kesungguhan dan pemahaman-pemahaman tentang pemasaran online. Sebab perlu disadari bahwa bukan anda sendiri yang berjualan produk secara online. Setiap pengusaha pun terus meningkatkan inovasi-inovasi baru agar dapat bersaing.

Berikut adalah beberapa penyebab bisnis online yang anda kelola gagal :
  • 1) Tidak Memahami Ilmu Pemasaran Online
Sebagai seorang pebisnis online, dibutuhkan pemahaman dan penguasaan tentang pemasaran online. Karena anda menjual produk atau jasa melalui media internet. Untuk menguasainya anda bisa belajar secara formal, melalui internet, buku, seminar, bertanya pada yang ahli dan lain-lain. Banyak sebenarnya tips-tips dan trik yang dapat dipelajari secara gratis jika memang terkendala dengan biaya. Mulailah dari hal-hal termudah.

  • 2) Tidak Tahu Memulai Dari Mana
Ada beberapa orang memulai bisnis online karena ikut-ikutan. Sehingga ketika sudah terjur tidak tahu mulai dari mana. Mereka tidak tahu startnya darimana. Bingung harus melanjutkan dan bagaimana cara memajukan usaha yang telah dibukanya. 

  • 3) Tidak Fokus
Memang ada beberapa orang yang sukses menjalankan usaha online secara sambilan. Artinya sambil bekerja pada sebua instansi atau perusahaan. Namun itu mungkin sangat sedikit. Kebanyak mereka gagal karena tidak fokus. Bisnis online butuh perhatian yang fokus, Setidaknya pada satu sampai dua tahun pertama.Dan bisnis online saat ini banyak jenisnya, jadi akan lebih baik jika fokus pada satu jenis saja dahulu, jangan mudah tergius dengan ide bisnis-bisnis yang lain.

  • 4) Lapak Anda Kurang Menarik
Bahkan dalam bisnis offline, jika lapak anda tidak menarik misalnya kotor, tidak rapi dan sembaraut. Pembeli pun akan enggan datang. Demikian juga dengan bisnis online, sebuah tampilan website juga berpengaruh. Bagaimana mereka tertarik untuk bertraksaksi jika halaman lapak online anda acak-acakan. Mereka pasti tidak percaya dan langsung meninggalkannya, paling parah lagi mereka tidak datang dan bahkan akan merekomendasikan pada orang-orang bahwa halaman lapak anda tidak layak dikunjungi.

  • 5) Kurangnya Pemasaran Via Media Sosial
Bahkan hanya menggunakan media sosial tanpa website, kita bisa berjualan produk. Jadi jika anda memanfaakan keduanya dengan baik, maka kemungkinan besar keuntungan yang didapat akan lebih besar juga. Selain itu, media sosial juga dapat dipergunakan sebagai media promosi situs jualan anda selama 24 jam.

  • 6) Kurangnya Jaringan atau Mitra
Jaringan yang luas akan sangat membantu anda dalam menjalankan bisnis, misalnya reseller. Reseller akan menjadi mitra terbaik yang membantu anda mengembangkan usaha anda untuk memasarkan produk atau jasa (tentu mereka juga mendapatkan keuntungan). Jadi tetap ramah pada jaringan, dan terus mengembangkan networking.

  • 7) Mudah Menyerah
Saya percaya untuk menjadi orang sukses harus menjadi pribadi yang pantang menyerah. Makanya sebelum benar-benar terjun pada sebuah usaha (baik offline atau online) kita harus menyadari bahwa setiap keputusan yang kita buat atau jalani akan menemui beberapa tantangan dan hambatan. Jadi jangan karena satu masalah saja, anda sudah langsung berhenti dan menyerah.

  • 8) Kebanyakan Mengeluh
Jangan menjadi orang yang suka mengeluh. Banyak alasan, banyak cakap tanpa action. Setiap ada masalah selalu menyalah orang lain, tanpa mengevaluasi diri sendiri. Orang seperti ini dipastikan tidak akan pernah sukses dalam bidang apapun. Khususnya dalam usaha, karena wajib dalam setiap bisnis pasti menemui masalah.

  • 9) Kurang Memahami Bisnis Online
Sebaiknya jika sudah benar ingin serius terjun dalam bisnis ini, harus terus belajar sampai benar-benar paham. Jangan setengah-setengah, bila ingin sukses. Kecuali anda memang mau gagal.

  • 10) Nomor Telepon Susah Dihubungi
Tidak memberikan informasi yang lengkap akan membuat calon konsumen kecewa dan akan langsung meningkalkan toko online anda. Pastikan nomor yang anda tampilkan di website adalah nomor aktif.

  • 11. Lupa pada SEO
Kelihatannya tidak terlalu penting, tapi sebenarnya itu sangat penting bagi entrepreneur. SEO atau search engine optimization sangat penting pada website atau blog, karena tools ini sangat membantu calon konsumen mudah menemukan website toko online anda. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu