Skip to main content

5 Sifat Kepribadian Harus Dimiliki Pemilik Usaha Kecil

5 Sifat Kepribadian Harus Dimiliki Pemilik Usaha KecilKepemilikan usaha kecil tentu bukan untuk semua orang. Dibutuhkan manusia khusus yang memiliki bisnis kecil dan menjadi sukses dalam hal itu. Namun, banyak orang yang terjun ke bisnis kecil tanpa memberikan banyak pemikiran untuk apa yang diperlukan untuk berhasil. Keputusan mereka didasarkan pada mitos yang ada di luar sana tentang memiliki usaha kecil.

Sebelum anda mulai menuruni jalan kepemilikan bisnis kecil, anda harus berpikir panjang dan sulit untuk melihat apakah anda memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi seorang pemilik usaha kecil. Sementara beberapa orang menganggap program belajar bisnis online untuk mendapatkan pengetahuan bisnis juga membantu mereka untuk mendapatkan sifat-sifat kepribadian ini untuk sukses sebagai pemilik usaha kecil. Jika kita belajar dari pengalaman dan memahami sifat-sifat beberapa pemilik usaha kecil menengah yang sukses, berikut adalah 5 sifat-sifat kepribadian setiap pengusaha kecil yang mungkin perlu anda ketahui untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari : (Baca Juga : Usaha Kecil dan Pemula : 6 Sifat Pengusaha Besar)

  • Pengambil Risiko (Risk Taker)
Sangat mudah untuk melihat pemilik usaha kecil pemula di antara sekelompok anak-anak yang baru belajar berjalan di sebuah tempat penitipan. Anak-anak yang mulai berjalan tanpa dukungan bahkan ketika mereka terus goyah, kemungkinan besar mereka memiliki potensi untuk menjadi pemilik usaha kecil. Sementara mereka yang sangat berhati-hati ketika bangun dan memegang dukungan atau pegangan sepanjang waktu mungkin tidak mampu membuatnya sukses sebagai pengusaha. Mungkin itu terlihat sederhana, Tapi melihat oran-orang yang berhasil sebagai entrepreneur yang selalu bangun dari kegagalan, berani mengambil resiko seperti Donalt Trump (dengan jumlah kebangkrutan), Mark Zuckerburg (Dropout dari Harvard) dan sebagainya. Itu mengartikan bahwa mereka adalah contoh orang yang tidak pernah takut dengan resiko kegagalan. Semua mereka beberapa kali gagal sebelum menjadi pengusaha sukses.

  • Pengambil Keputusan (Decision Maker)
5 Sifat Kepribadian Harus Dimiliki Pemilik Usaha KecilApakah anda salah satu dari orang-orang yang membutuhkan setidaknya 5-10 menit sebelum memutuskan pesananan di restoran sementara pelayan dan semua orang di sekitar anda sedang menunggu dengan sabar? Anda tidak mampu membuat keputusan untuk setiap item kecil ketika menjalankan usaha kecil. Anda perlu membuat ratusan keputusan setiap hari. Jika tidak dapat berpikir cepat dan membuat keputusan yang cepat, mungkin sebaiknya pikirkan kembali tentang memulai sebuah usaha kecil.

  • Terorganisis (Organized)
Pemilik usaha kecil perlu untuk mengurus ratusan item dan berinteraksi dengan sejumlah orang yang berbeda setiap hati dalam proses menjalankan bisnis. Makanya mereka pantas disebut sebagai Direktur atau kepala yang mengurus semuanya. Jika anda tidak dapat melacak semua hal dan tetap tidak bisa mengatasi tugas maka anda tidak bisa sukses. Itulah sebabnya penting bahwa menjadi pengusaha harus bisa mengatur dan tidak menjatuhkan bola pada setiap item yang dapat merugikan bisnis mereka.

  • Delegator (Mendelegasikan)
Salah satu cara pemilik usaha kecil bisa mengurus ratusan item adalah dengan mendelegasikan tugas kepada orang lain. Anda tidak bisa berharap untuk melakukan semua sendiri dan tidak menjatuhkan bola pada beberapa item atau bersusah payah. Pengusaha harus bisa menjadi delegator yang sangat baik. - Tips Negosiasi Jalan Menuju Sukses

  • Bertanggung Jawab (Responsible)
Tidak seperti bekerja untuk orang lain, pemilik usaha kecil memikul tanggung jawab utama untuk keberhasilan atau kegagalan mereka. Jika bisis itu gagal makan anda adalah orang yang paling menderita. Untuk setiap masalah atau masalah karyawan akan melihat anda sebagai penunjuk arah. Jika anda tidak dapat menerima tanggung jawab yang datang dengan kepemilikan usaha kecil itu bukan untuk anda. Apa ciri-ciri lain yang anda anggap penting bagi pemilik usaha kecil?

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu