Skip to main content

13 Cara Membuka Bisnis Tanpa Modal

13 Cara Membuka Bisnis Tanpa ModalDalam membuka usaha memang dibutuhkan modal usaha. Tapi tidak selamanya dalam memulai bisnis harus dengan modal ratusan juta. Bicara buka usaha, mulai dari perencanaan sampai pemilihan jenis bisnis, lokasi dan lainnya. Biasanya akan terkendala ketika sudah sampai pada tahap modal usaha. Bahkan tak sedikit yang menggantungkan mimpinya menjadi seorang pengusaha dalam sebuah kertas akibat biaya yang kurang atau tidak ada. 

Namun, tidak perlu panik. Jika anda benar-benar mempunyai tekat kuat menjadi entrepreneur. Karena begitu banyak peluang bisnis yang dapat dimulai tanpa uang sepeserpun. Hanya saja, anda harus siap dengan segala rintangan dan hambatan yang datang sehingga kadang sangat sulit mempertahankan bisnis dan tidak konsisten dalam mengembangkan usaha itu. Banyak alasan orang mau memulai usaha, terutama pada usaha kecil. Salah satunya karena dorongan ekonomi yang semakin sulit. Akan tetapi sebelumnya, ada baiknya sebelum benar-benar menjatuhkan diri anda ke dunia usaha, agar bertanya pada diri sendiri tentang apa yang membuat bisnis anda lain daripada yang lain?

13 Cara Membuka Bisnis Tanpa ModalSetelah menemukan jawabannya, dan anda merasa jawaban anda sangat membantu. Satu hal paling terpenting bisnis itu memiliki keunikan tersendiri. Maka segeralah memulai usaha anda.

Berikut adalah dibawah ini 13 cara membuka bisnis tanpa modal :
  • 1) Meminjam Modal Usaha
Meminjam modal usaha bisa menjadi alternatif untuk mendanai bisis anda. Teman yang baik atau orang tua bisa dimanfaatkan jika memungkinkan. Utang tersebut pun dapat dikembalikan dari pendapatan bisnis anda.

  • 2) Mengubah Rumah Menjadi Kantor
Kita semua tahu sewa kantor setiap waktu harganya naik. Jika rumah anda memungkinkan, itu bisa dijadikan sebagai kantor apalagi bisnis anda masih berskala kecil. Misalnya garasi rumah.

  • 3) Mencari Kerja Part Time
Sebelum benar-benar membuka usaha anda, untuk mengumpulkan modal dapat dilakukan dengan cara bekerja paruh waktu. Gaji anda bisa disisihkan tanpa harus meminjam modal.

  • 4) Mencari Rekan Kerja
Jika anda punya teman yang layak secara finansial, tidak ada salahnya anda mengajaknya bekerjasama. Anda yang mempersiapkan ide usaha  dan mengurusi operasional sementara rekan kerja tersebut yang mengurus modal usahanya.

  • 5) Membuat Website atau Blog
Saat ini website atau blog bisa dijadikan alat atau media yang efektif untuk memasarkan jualan anda. Lewat website atau blog tersebut, anda bisa menarik konsumen dengan membagikan info tentang jualan ke jejaring sosial pribadi atau group tertentu. Ada banyak portal untuk membuat website gratis seperti Google Site, Weebly dan Wordpress.

  • 6) Negosisasi dengan Pihak Bank
Jika anda pintar bernegoisasi, coba lakukan dengan pihak bank siapa tahu mereka bisa memberikan pinjaman dengan potensi bisnis anda tanpa syarat yang memberatkan.

  • 7) Menjual Barang Bekas
Menjual barang-barang bekas anda juga bisa dimanfaatkan untuk mencari modal usaha. Menjual barang second tentu tidak menggunakan uang, anda hanya tinggal menjualnya dari mulut ke mulut, sosial media dan website jual beli barang.

  • 8) Bisnis Catering
Bisnis catering saat ini sangat populer dan akan terus ada karena dibutuhkan banyak orang. Bisnis catering bisa dilakukan tanpa modal sendiri, dimana uang untuk membeli bahan-bahan makanan diambil dari uang pesanan.

  • 9) Menjadi Penulis Lepas
Menjadi penulis lepas juga tidak butuh modal usaha, anda hanya cukup memakai komputer lama. Selain itu anda hanya butuh otak dan jari-jari anda.

  • 10) Menjadi Agen Properti
Menjadi Agen properti dapat memberikan keuntungan yang cukup besar karena komisi yang didapatkan dari hasil penjualan dari setiap rumah bisa jutaan rupiah. Apalagi harga rumah sangat mahal. 

  • 11) Mengajar Les Privat
Jika anda pandai dalam satu mata pelajaran, manfaatkan ilmu tersebut untuk mengajar orang lain dan mendapatkan uang dari hasil les tersebut.

  • 12) Reseller
Dengan menjadi reseller produk pun bisa memberikan keuntungan.

  • 13. Menjadi Broker
Suka bertemu dengan banyak orang atau suka berjualan. Broker bisa memberikan tips bagi para pembeli atau penjual yang memakai jasa anda. 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu