Skip to main content

Ide dan Jenis Peluang Usaha Modal Kecil Laris dan Menguntungkan

Ide dan Jenis Peluang Usaha Modal Kecil Laris dan MenguntungkanIde, Peluang dan Jenis saha modal kecil merupakan salah satu bisnis sampingan yang banyak dicari orang karena selain dapat dikerjakan dengan waktu flesibel, usaha kecil telah terbukti bisa memberikan untung besar. Sehingga wajar saja, pekerjaan yang semula hanya sampingan berubah menjadi usaha tetap, yang memberikan penghasilan cukup besar. Kelebihan berwirausaha memang luar biasa, terlebih pada seorang karyawan, dilakukan setelah pulang jam kantor. Selain itu, saat ini bukan hanya karyawan yang ingin buka usaha kecil, tapi bahkan para pelajar dan mahasiswa sudah banyak yang telah sukses menjadi pengusaha muda dengan untung besar. Makanya, banyak orang yang berlomba-lomba menciptakan ide menjadi peluang usaha.

Saat ini memang tren wirausaha sedang naik daun ditengah masyarakat, dan akan semakin booming. Apalagi pemerintah sangat mendukung kegiatan ini, karena benar bahwa munculnya para wirausaha-wirausaha baru sebagai motor pendorong perekonomian, dan berbagai cara dilakukan pemerintah agar masyarakat mau menjadi entrepreneur.

Seriusnya pemerintah mendorong usaha kecil menengah (UKM) terlihat dari diberikannya fasilitas-fasilitas cara-cara membuka usaha kecil, membantu para ukm dapat mengembangkan bisnisnya dengan memberikan pinjaman tanpa bunga besar dan persyaratannya mudah. Ditambah pemberian fasilitas pengembangan usaha secara online. 

Berikut adalah beberapa ide dan jenis peluang usaha modal kecil laris dan menguntungkan;
  • 1) Usaha Offline di Rumah
Lebih sering disebut sebagai jenis peluang usaha rumahan dengan modal kecil. Ada banyak peluang usaha kecil yang dapat dilakukan dari rumah, tentu itu dapat membantu tanpa harus mengeluarkan uang sewa tempa. Beberapa orang lebih suka bekerja dari rumah, tidak suka dengan tekanan, lebih suka bekerja sendiri (tidak suka keramaian) dan tentu bagi ibu rumah tangga. Tapi walalupun bisnisnya kecil, bukan berarti untungnya juga kecil.
Berikut beberapa jenis usaha dari rumah :
  • Usaha Kuliner - Ingat, bisnis ini tidak akan pernah sepanjang mati. Bahkan kalau anda perhatikan dalam film-film sejarah, penjual makanan sudah ada.
  • Misalnya : Usaha Warung makan, Usaha jualan kue, Usaha jual jus buah segar, Usaha jual es krim dll
  • Usaha Laundry Pakaian - Jika rumah atau tempat tinggal anda berada di kawasan universitas dan anak kos, buka bisnis laundry pakaian sangat cocok dijalankan. Yakinlah, untungnya pasti sangat besar. Bahkan karena larisnya, bisnis ini pun sudah dibuat secara Waralaba.
  • Usaha Bimbingan Belajar - Karena sibuknya orang tua bekerja mencari uang, banyak orang tua yang lebih memilih anak-anaknya belajar di tempat les atau bimbingan belajar. Kedua, karena anak-anak berlomba masuk ke sekolah favorit, dan perguruan tinggi favorit membuat mereka tidak takut mengeluarkan uang les. Jadi, pikirkanlah...
  • Usaha Jasa Penitipan Anak - Hal ini hampir sama dengan usaha bimbingan belajar, dimana para orang tua terlalu sibuk dengan pekerjaan hingga lebih memilih bekerja dibandingkan menjaga sendiri anaknya. Jadi anak yang masih umur setahun pun sudah dititipkan.

  • 2) Usaha Online
Usaha online adalah usaha yang penjualan, promosi dan pembayaran dilakukan dengan bantuan internet. Kita bisa menjual dan mempromosikan produk atau jualan anda melalui dunia internet. Bahkan peluang usaha yang saya sebutkan diatas, dapat dipromosikan secara online.
Berikut adalah beberapa jenis usaha online:
  • Usaha Toko Online - Perusahaan besar menjual produknya secara online bukan hal yang baru lagi. Tapi anda juga dapat melakukan hal yang sama, menjual hasil kerajinan tangan anda secara online. 
  • Usaha Dropship - Bahkan usaha ini dapat dikerjakan tanpa modal besar. Anda bisa menjual barang orang, atau lebih sering disebut sebagai Agen yang tak harus punya stok barang. (10 Tips untuk Sukses Bisnis Dropshipping)
  • Usaha Sebagai Penulis Lepas - Jangan bingung kalau anda mempunyai keterampilan menulis artikel, hal itu dapat anda manfaatkan sebagai penulis artikel untuk koran, blog yang dapat memberikan anda penghasilan tambahan atau bahkan sebagai penghasilan utama.
  • Usaha Pembayaran Secara Online - Jenis usaha ini pun dapat dilakukan dari rumah dan modalnya tidak besar. Anda pun dapat menerimana Pembayaran tagihan telepon, Internet, TV berlangganan, Listrik, Air, tagihan ke bank dan lainnya.
  • Usaha Jasa Pembuatan Website - punya kemampuan membuat website, berbangga dirilah sebab saat ini website menjadi bagian terpenting dalam segala macam bisnis. Modalnya pun tidak besar, cukup beli domain harga 100 ribu an, website anda sudah bisa menjual.
  • Usaha Affiliasi  - bisnis ini adalah jenis bisnis yang banyak dijalankan oleh internet marketer. Cara kerjanya mudah, anda hanya menjual barang orang lain melalui internet dan anda mendapatkan komisi dari setiap produk yang anda jual tersebut.

Comments

  1. kalau dipikir pikir lagi bisnis online memang bisnis yang lagi ini yang harus dicoba. thnks gan. nice info

    ReplyDelete
  2. Jaman sekarang memang sudah banyak usaha modal minim yang laris untuk di cobA online dan offline

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu