Skip to main content

Cara Menjadi Entrepreneur?

Cara Menjadi Entrepreneur? - Banyak orang yang bertanya bagaimana cara menjadi entrepreneur atau pengusaha? Menjadi entrepreneur itu mudah, tinggal action saja. Entrepreneur dapat diartikan sebagai seseorang yang selalu membawa perubahan, inovasi, ide-ide baru dan aturan baru. Seorang Entrepreneur harus berani mencoba hal-hal baru. Entrepreneur adalah seseorang yang mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya yang mampu melakukan suatu perubahan dan menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. 

Setelah anda mengetahu apa yang dimaksud dengan entrepreneur. Apakah anda sudah cocok menjadi seorang entrepreneur? Ataukah anda masih ingin mengetahui lebih jauh tentang entrepreneur. 

Nah, jika anda memang memiliki niat menjadi seorang pengusaha. Alangkah lebih baik jika kita mengetahui mindset wirausahawan. 
  • 85 % Orang kaya di dunia bersumber dari bisnis dan berprofesi sebagai entrepreneur
  • 15 % Orang yang berhasil kaya dari pilihan karier bekerja secara profesional dan berhasil menjadi Top Eksekutif
  • 5 % Orang kaya itu bersumber bukan dari dirinya, tetapi datang dari hibah warisan dari orang tuanya.
Jika saat ini anda adalah salah satu orang kaya. Yang manakah anda? 

Kalau saya sendiri pasti lebih memilih KAYA dari Entrepreneur. Karena jika pilihan yang kedua tidak mungkin, melihat kemampuan yang saya miliki sekarang sepertinya bakal tidak mampu mencapai hal itu. Mencari pekerjaan saja susah apalagi harus mencapai menjadi Top Eksekutif

Kalau bagian ketiga, pasti tidak mungkin dan mustahil. Karena orang tua saya sama sekali tidak memiliki apa-apa yang dibagikan selain kebaikan, nasehat, dan inspirasi.

Enaknya jelas jika kita mendapatkan KEKAYAAN dari hasil usaha sendiri seperti bisnis atau menjadi seoarang ENTREPRENEUR. Ketika kita sudah berhasil tentu sangat bangga menceritakan kepada semua orang. Berbagi inspirasi.

Tapi apakah anda mengetahui pola pikir para Wirausahawan? 

Pola Pikir...untuk apa kita mengetahui POLA PIKIR seorang entrepreneur? 

Tentu sangat PERLU..! Pola pikir sering mendasari seseorang dalam bertindak dan mengambil keputusan. Begitu halnya jika ingin menjadi seorang pengusaha/Wirausaha diperlukan sikap dan pola pikir postif dalam meraih kesuksesan.

Nah, berikut beberapa Pola Pikir Wirausahawan :
  • Memiliki Semangat Wirausaha
  • Memberikan teladan dan Kepercayaan
  • Fleksibel dalam rencana dan Strategi seiring perkembangan zaman
  • Tidak membiarkan rasa takut gagal menjadi penghalang
  • Membuat keputusan tepat waktu
  • Mengatahui bahwa ASET perusahaan yang terbesar adalah Anda (diri sendiri)
  • Dapat mengendalikan Ego
  • Memiliki keyakinan pada diri sendiri
  • Mau menerima kritikan dan menjadikan kritikan sebagai dorongan semangat dan tidak malu mengakui kesalahan sendiri
  • Mampu bangkit dari keterpurukan
Dan Paling Penting Seorang Wirausahawan memiliki pola pikir yang PRODUKTIF, KREATIF, INOVATIF dan POSITIF

Apakah itu saja sudah cukup?

Belum, selain memiliki pola pikir diatas. Seorang Wirausahaan harus memiliki Etika dan Norma Wirausahaan seperti :
  • Bertanggung jawab
  • Menepati janji 
  • Disiplin
  • Suka Membantu
  • Memiliki Komitmen
  • Jujur
  • Taat hukum
  • Menghormati dan menghargai sesam
  • Mengejar prestasi

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? Jenis-Jenis Perusahaan

Apa Itu Usaha, Pengusaha dan Perusahaan? - Apa itu usaha? Usaha adalah kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau barang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencapai kemakmuran hidup. Tentu usaha yang dilakukan secara terus menerus akan membuahkan hasil yang maksimal. Artinya kalau berbicara usaha, kegiatan untuk mencapai keuntungan baik langsung maupun tidak langsung. Sementara peluang usaha adalah sebuah kesempatan yang datang pada waktu tertentu yang tidak dapat dilewatkan oleh seorang wirausahawan demi mendapatkan keuntungan. Walau terkadang banyak yang takut dengan kesempatan yang datang. Pengusaha adalah orang(pribadi) atau persekutuan (badan hukum) yang menjalankan sebuah jenis perusahaan. Dalam melakukan usaha, seorang pengusaha tidak dapat berjalan sendiri. Ia membutuhkan tenaga kerja yang akan membantunya menjalankan roda bisnis yang dijalankan. Apalagi perusahaan yang dikelolanya sudah cukup besar, maka tena

Apa Itu Perusahaan Jasa? Kelebihan, Kekurangan, Contoh dan Ciri - Ciri Usaha Jasa

Perusahaan jasa adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa), dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Atau juga sebagai suatu perusahaan yang menjual jasa yang diproduksinya, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dan mendapatkan keuntungan. Tetapi perlu diperhatikan, walaupun bisnis jasa tetap saja perusahaan itu memerlukan produk fisik untuk melakukan kegiatan usahanya. Seperti perusahaan bergerak dibidang transportasi harus punya alat seperti bus, pesawat, kapal laut, kereta api dan alat transportasi lainnya. Perusahaan jasa juga perusahaan yang mempunyai kegiatan utama memberikan pelayanan. kemudahan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk memperlancar aktivitas produksi maupun konsumsi.  Sementara Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utama/pokok melakukan pembelian suatu barang untuk dijual kembali tanpa mengubah bentuk maupun fungsi dari barang tersebut. Perusahaan ini memperoleh penghasilan dari

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer

Apa itu Entrepreneur? Perbedaan Entrepreneur dan Manajer - Entrepreneur adalah seeorang yang  mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Manajer adalah seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi. Richard Cantillon (1755) yang dianggap sebagai pencetus istilah entrepreneur menyebutkan bahwa inti dari kegiatan entrepreneur adalah menanggung resiko,menurutnya entrepreneur adalah mereka yang membayar harga tertentu untuk produk tertentu untuk kemudian menjualnya dengan harga yang tidak pasti,sambil membuat keputusan tentang membuat upaya mencapai dan memanfaatkan sumber-sumber daya dan menerima resiko berusaha. Entrepreneurship adalah jiwa entrepreneur yang dibangun untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar. Entrepreneu